Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Lampung Selatan Terima Penghargaan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Terbaik se-Provinsi Lampung

04/12/2018

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Lampung atas penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan (TLHP) dari Inspektorat Provinsi Lampung.
Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri kepada 3 kabupaten yang menyelasikan TLHP terbaik dalam acara Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Provinsi Lampung tahun 2018.
Penghargaan tersebut diterima langsung Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto di Negeri Baru Resort (NBR) Kalianda, Selasa (4/12/2018) malam.
Adapun 3 kabupaten terbaik yang menerima penghargaan yaitu, peringkat pertama adalah Kabupaten Lamsel, peringkat kedua Kabupaten Way Kanan, dan peringkat ketiga diraih Kabupaten Lampung Timur.

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri saat menyampaikan sambutan pada acara Gelarwasda Provinsi Lampung Tahun 2018.


Wakil Gubernur Lampung yang membuka kegiatan itu mengatakan, bahwa kegiatan Gelarwasda sangatlah penting, khuhusnya dalam hal penyelesaian TLHP sesuai saran dan rekomendasi dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).
“Artinya saya mengatakan Gelarwasda ini sangat perlu. Maka saya minta, catat betul-betul, yang namanya hasil temuan dari siapapun, itu 60 hari waktunya harus kita tindaklanjuti. Selepas itu sudah menjadi kewenangan daripada aparat penegak hukum,” ujar Bachtiar Basri menegaskan.
Diksempatan itu, Bachtiar juga menegaskan, bahwa salah satu tugas dari Wakil Gubernur, Wakil Walikota, dan Wakil Bupati adalah menindaklanjuti hasil pengawasan, baik yang dilakukan BPK, Irjen, maupun aparatur pengawasan lainnya.
“Ini makanya kenapa saya undang wakilnya, karena itu semua memang sudah diatur dalam Undang-undang. Artinya tanggungjawab utama itu ada di tangan seorang wakil walikota atau maupun wakil bupati.
“Kenapa terkadang saya bicara sampai berbuih-buih, biar ngerti, bahwasanya tugas wakil ini bukanya ban serep, tidak seperti itu. Jadi saya minta OPD yang lain juga harus tahu ini,” tukas Bachtiar.
Baca juga : Pemkab Lampung Selatan Raih Penghargaan TLHP Terbaik se-Provinsi Lampung

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto menerima penghargaan TLHP terbaik dari Pemerintah Provinsi Lampung yang diserahkan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri.


Sementara itu, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto menyampaikan, bahwa APIP Kabupaten Lamsel selama ini telah dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan cukup baik.
Hal itu menurutnya, dapat dilihat antara lain, bahwa dalam rangka Peningkatan Kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Lamsel menuju level 3, APIP Inspektorat Kabupaten Lamsel telah memenuhi komponen dokumen sebagaimana yang diajukan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Lampung.
Saat ini juga APIP Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan telah dapat menyelesaikan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan oleh APIP eksternal Inspektorat Provinsi Lampung pada seluruh OPD se-Kabupaten Lampung Selatan dengan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan-nya mencapai 97,1%,” papar Nanang.
Namun demikian kata Nanang, dari capaian-capaian tersebut masih banyak hal-hal yang perlu untuk dilakukan pembinaan dan perbaikan sehingga APIP dapat lebih profesional, indipenden, obyektif dan berorientasi pada perbaikan dan peringatan dini.
“Dan untuk selanjutnya, APIP dapat memonitor seluruh tahapan proses sejak perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban dan evaluasinya,” kata Nanang mengakhiri sambutannya.  (/az)

Last modified: 04/12/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber