Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

LOMBA SENAM JANTUNG SEHAT

09/09/2020

  1. Inisiator

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kab. Lampung Selatan

2. Bentuk Inovasi

Inovasi Bentuk Lainnya Sesuai Bidang Urusan Pemerintah yang Menjadi Kewenangan Daerah

3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan

Salah satu dari aktifitas olahraga aerobik yang memasyarakat adalah olahraga senam jantung sehat. Hal ini terlihat dari banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat terutama orang dewasa dan orang tua, baik secara kelompok-kelompok kecil maupun klub-klub senam jantung sehat. Disamping itu senam ini disusun lengkap, artinya format pemanasan, latihan dan pendinginan menyatu dalam satu paket. Tujuan inti dari olahraga senam jantung sehat adalah olahraga yang mempunyai tujuan untuk menyehatkan jantung. Selain itu, olahraga senam jantung sehat adalah olahraga yang tidak terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya.

Senam jantung sehat adalah olahraga yang bersifat aerobik, yaitu banyak menghirup oksigen. Senam jantung sehat bertujuan untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dalam 24 jam. Apalagi saat usia bertambah, performa jantung akan semakin menurun. Dengan demikian maka olahraga senam jantung sehat yang berintikan aerobik ini ditambah dengan olahraga yang dapat 1 memberikan kelenturan, kekuatan dan peningkatan otot-otot secara murah, mudah, meriah, massal, manfaat dan aman. Karena senam jantung memang dibuat khusus untuk membuat jantung sehat, maka gerakan-gerakannya pun dibuat untuk performa jantung. Gerakangerakan yang terdapat di senam jantung sehat memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya, agar kebutuhan oksigen didalam tubuh terpenuhi. Jantung dikatakan dalam kondisi baik jika denyut nadi normal dan stabil. Karena itu, perbaikan denyut nadi juga menjadi salah satu tujuan senam jantung sehat.

Kegiatan Lomba Senam Jantung Sehat Kabupaten Lampung Selatan merupakan Lomba yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olaraga , yg bertempat di Lapangan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan .Yang bertujuan selain utk menjaga kebugaran dan kesehatan juga utk mempererat tali silaturahmi antar Club-club YJI di 17 Kecamatan se-Lampung Selatan. Agar tercipta sinergitas dalam bekerja sama dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lampung Selatan selaku stakeholder Kegiatan dan dibantu oleh Pengurus YJI Kab.lampung selatan Membentuk dan menunjuk langsung untuk tim Juri dan Panitia, Dinas Kepemudaan dan olahraga lampung selatan memberikan Fasilitas untuk Panitia penyelenggara dan tim juri baik Akomodasi dan mobilisasi,serta menyiapkan Hadiah dan uang pembinaan untuk para pemenang lomba senam jantung sehat.

4. Tujuan Inovasi

Tujuan dilaksanakannya inovasi ini, yaitu :

Kegiatan lomba dapat memberikan dampak yang positif terhadap tingkat kesadaran masyarakat, terutama mengenai kesehatan jasmani.

5. Manfaat Inovasi

Manfaat dari adanya inovasi ini, antara lain:

Senam jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Di Indonesia, senam jantung cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang. Senam jantung sehat juga merupakan olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

6. Hasil Inovasi

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan inovasi ini adalah: Menjadikan Masyarakat dan Pegawai yang Sehat Jasmani dan Rohani

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Pedoman Petunjuk Teknis Senam Jantung Sehat

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber