Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING (PERPUSLING)

09/09/2020

INISIATOR                  : ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

JENIS INOVASI           : INOVASI NON DIGITAL

BENTUK INOVASI     : PELAYANAN PERPUSTAKAAN MOBIL KELILING

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TAHUN 2019

A. LATAR BELAKANG

Perpustakaan merupakan institusi atau lembaga yang menyediakan bahan bacaan tertulis, tercetak dan terekam yang diatur menggunakan system yang berlaku dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian, penyebaran informasi dan rekreasi intelektual bagi masyarakat.

Dalam kehidupan modern perpustakaan  perlu memberikan informasi yang tepat dan merata kepada seluruh masyarakat, bukan hanya di sekitaran gedung perpustakaan daerah tetapi harus bisa menjangkau seluruh pelosok  yang jauh dari jangkauan perpustakaan daerah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan membuka  pelayanan ke pelosok desa dengan inovasi Pelayanan Perpustakaan Keliling baik dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat )roda 3 (tiga) maupun roda 2 (dua).

B. RANCANG BANGUN DAN POKOK PERMASALAHAN

Masyarakat, dan siswa-siswi yang berada di pelosok desa dan jauh dari jangkauan perpustakaan daerah yang berada di Kalianda dapat ikut serta memenuhi minat baca dengan hadirnya Perpustakaan Keliling yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan.

Perpustakaan Keliling pada dasarnya bersifat terbuka, demokratis yang mana perpustakaan keliling akan melayani semua lapisan masyarakat tanpa membedakan status social, budaya, ekonomi, pendidikan, kepercayaan maupun status-status  lainnya.

Faktor harga buku yang mahal dan letak geografi masyarakat akan mempengaruhi rendahnya minat baca masyarakat. Dengan adanya inovasi Perpustakaan Keliling akan mengurangi kesenjangan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

C. TUJUAN

Tujuan dari Pelayanan Perpustakaan Keliling :

  1. Meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat daerah terpencil dan belum/tidak mungkin didirikan perpustakaan menetap.
  2. Membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat.
  3. Memperkenalkan buku-buku bahan bacaan lain kepada masyarakat.
  4. Memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan minat baca masyarakat dengan mengembangkan cinta buku kepada masyarakat.
  6. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga  masyarakat social, pendidikan dan pemerintah daerah dalam meningkatkan  kemampuan intelektual dan kultural masyarakat.

D. MANFAAT

Meningkatkan minat baca dan ikut mencerdaskan masyarakat serta menyebarkan informasi hingga ke pelosok daerah.

Untuk meminimalisir kesenjangan informasi di kalangan masyarakat yang diakibatkan adanya factor kultural dan structural.

E. WAKTU UJI COBA

Waktu uji coba inovasi Pelayanan Perpustakaan Keliling akan dilakukan pada Tahun 2020, sesuai dengan pelaksanaan penganggaran program kegiatan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan.

F. ANGGARAN

Anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan inovasi Pelayanan Perpustakaan Keliling ini akan menggunakan anggaran pada program kegiatan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Tahun2020.

G. PENUTUP

Demikian proposal inisiatif inovasi Pelayanan Perpustakaan Keliling  pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan disusun untuk dapat ditelaah lebih lanjut dan diuji cobakan serta diimplementasikan guna terlayaninya semua lapisan masyarakat dalam memenuhi minat baca tanpa harus ke Perpustakaan umum yang letaknya jauh dari jangkauan masyarakat.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan Sekolah

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber