Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DESA DAN SEKOLAH

09/09/2020

INISIATOR                  : ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

JENIS INOVASI           : INOVASI NON DIGITAL

BENTUK INOVASI     : PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DESA DAN SEKOLAH

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TAHUN 2019

A. LATAR BELAKANG

Keberadaan perpustakaan di Indonesia sangat penting mengingat fungsinya sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian infomasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Perpustakaan daerah termasuk sebagai perpustakaan umum dimana perpustakaan ini melayani seluruh laipisan masyarakat tanpa mengenal adanya perbedaan status social masyarakat.

Di Lampung Selatan Perpustakaan Daerah yang berada di bawah nauangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang salah satu fungsinya adalah membina dan mengembangkan Perpustakaan yang ada di desa maupun sekolah.

Perpustakaan Desa atau Kelurahan merupakan perpustakaan yangdiselenggarakan oleh pemerintah Desa/Kelurahan yang mempunyai tugas pokok mengembangan perpustakaan yang ada di wilayah Desa/Kelurahan serta melaksanakan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum tanpa membedakan usia, ras, agama, status ekonomi social dan gender.

B. RANCANG BANGUN DAN POKOK PERUBAHAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan memberikan pembinaan dan layanan pada Perpustakaan Desa/Kelurahan maupun Sekolah dalam rangka mengembangkan Perpustakaan yang berada di wilayah desa/Kelurahan dan Sekolah.

Pembinaan yang akan diberikan berupa antara lain ; cara pengolahan buku bahan bacaan, cara penataan bahan bacaan, cara melayani pengunjung perpustakaan desa/ kelurahan maupun sekolah sehingga pengunjung akan timbul minat baca.

Pengembangan Perpustakaan sangat penting hal ini dikarenakan perpustakaan desa dekat dengan masyarakat. Adanya Perpustakaan desa di tengah masyarakat diharapkan mampu mendorong dan mempercepat terwujudnya masyarakat pembelajar, yakni masyarakat yang gemar membaca, melek informasi, dan mampu meningkatkan daya saing di era kompetitif.

C. TUJUAN

Tujuan utama dari Pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Sekolah adalah sebagai satu sarana untuk meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan membaca guna mencerdaskan masyarakat Desa/Kelurahan dan Sekolah.

D. MANFAAT

Tidak hanya mencerdaskan bangsa, perpustakaan juga dapat memberdayakan masyarakat sekaligus dapat mendukung kegiatan pendidikan bertaraf nasional. Karena sumber belajar setiap orang berasal dari bahan bacaan yang dipelajari mereka demi menambah pengetahuan, wawasan sekaligus membentuk sikapnya untuk lebih baik dan dewasa. Perpustakaan desa juga bisa menambah ketrampilan masyarakat.

E. WAKTU UJI COBA

Waktu uji coba inivasi Pengembangan Perpustakaan desa dan Sekolah ini akan dilakukan pada tahun 2020, sesuai dengan pelaksanaan penganggaran program kegiatan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan.

F. ANGGARAN

Anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan inovasi Pengembangan Perpustakaan Desa dan Sekolah ini akan menggunakan anggaran pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2020.

G. PENUTUP

Demikian proposal inisiatif inovasi Pengembangan Perpustakaan Desa dan Sekolah  pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan disusun untuk dapat ditelaah lebih lanjut dan diuji cobakan serta diimplementasikan guna berkembangnya Perpustakaan Desa dan Sekolah, sehingga pemasyarakatan minat baca tercapai secara menyeluruh di Kabupaten Lampung Selatan.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Pedmoman Pelaksanaan Perpustakaan Desa

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber