Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

PERPUSTAKAAN DESA SMART VILAGE

09/09/2020

INISIATOR                  : ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

JENIS INOVASI           : INOVASI NON DIGITAL

BENTUK INOVASI     : PERPUSTAKAAN DESA SMART VILAGE

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TAHUN 2019

A. LATAR BELAKANG

Perpustakaan Desa adalah perpustakaan yang ada di desa yang diselenggarakan oleh pemerintah tingkat desa, guna untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat desa serta sebagai pusat belajar dan sumber informasi utama masyarakat desa.

Seperti halnya perpustakaan daerah yang ada di Kabupaten maka perpustakaan desa perlu juga tersentuh dengan kemajuan tehnologi, maka pemerintah berupaya melakukan berbagai terobosan salah satunya dengan inovasi PERPUSTAKAAN DESA SMART VILAGE.

B. RANCANG BANGUN DAN POKOK PERUBAHAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan berupaya meningkatkan literasi internet dan layanan perpustakaan desa, digitalisasi, dan administrasi desa.

Inovasi Perpustakaan Desa Smart Vilage salah satu konsep utamanya adalah mendorong desa agar semakin cerdas, melek tehnologi dan memetakan secara maksimal sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

C. TUJUAN

Tujuan dari inovasi Perpustakaan Desa Smart Vilagge adalah untuk mengembangkan dan mendorong desa-desa melalui inovasi-inovasi dan kearifan local yang ada di desa.

D. MANFAAT

Manfaat dari inovasi Perpustakaan Desa Smart Village adalah untuk memanfaatkan tehnologi informasi bagi masyarakat pedesaan sebagai upaya mengedukasi masyarakat local dengan salah satunya mengaplikasikan Perpustakaan Desa Smart Village.

E. WAKTU UJI COBA

Waktu uji coba inovasi Perpustakaan Desa Smart Village ini aka dilakukan pada Tahun 2020 , sesuai dengan pelaksanaan penganggaran program kegiatan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan.

F. ANGGARAN

Anggaran yang digunakan untuk pelkasanaan inovasi Perpustakaan Desa Smart Vilagge ini aka menggunakan anggaran pada program kegiatan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan.

G. PENUTUP

Demikian proposal inisiatif inovasi Perpustakaan Desa Smart Village  pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan disusun untuk dapat ditelaah lebih lanjut dan diuji cobakan serta diimplementasikan guna mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas baik kepala desa maupun aparat desa kearah desa digital.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Pedoman Inovasi Pengembangan dan Pemeliharaan Layanan Perpustakaan Desa Smart Village

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber