Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Sistem Informasi Database Administrasi Kepegawaian (SIDAK)

09/09/2020

  1. Inisiator

Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Lampung Selatan

2. Bentuk Inovasi

Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah

3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan

Pada sebuah instansi tidak lepas berkaitan dengan kepegawaian, salah satunya adalah arsip kepegawaian yang berkaita dengan kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat dan pensiun. Oleh karena itu, dalam meningkatkan lingkup kerja yang baik maka perlu sistem database yang efektif. Kepegawaian merupakan sebuah kegiatan mengelola sumber daya manusia pada sebuah organisasai. Pada dasarnya kepegawaian adalah sebuah kegiatan mengelola kepangkatan, kewajiban, pembinaan pegawai serta hak yang harus didapat oleh pegawai tersebut. Manajemen kepegawaian adalah seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk tercapainya tujuan yang telah ditentukan.

Dalam hal ini harus adanya Pengelolaan kearsipan kepegawaian yang pada dasarnya merupakan salah satu kegiatan yang ditujukan untuk mengelola segala dokumen – dokumen kepegawaian yang ada di Dinas Perumahan dan Kepegawaian, baik PNS maupun THLS yang dapat digunakan sebagai penunjang aktivitas organisasi tersebut dalam mencapai tujuannya. Di mana kearsipan pegawai mempunyai fungsi yang sangat penting.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang maju saat ini kerarsipan pegawai dapat disimpan secara digital maupun elektronik yang dapat diakses dimana saja dengan adanya jaringan internet. Hal ini dapat mempermudah suatu instansi dalam

proses kearsipan data kepegawaian. Oleh karena itu, maka adanya pembuatan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIDAK) Dinas Perumahan dan Permukiman yang sesuai dengan teknologi nformasi saat ini, untuk mempermudah kearsipan pegawai. Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIDAK) ini dapat digunakan oleh semua pegawai di lingkungan Dinas Perumahan dan Permukiman yang sudah dibuatkan username dan pasword oleh admin atau operator aplikasi ini. Aplikasi SIDAK juga dapat diakses di rumah tidak hanya di lingkungan kantor saja, apabila ada pegawai yang membutuhkan data secara dadakan. Fitur dalam aplikasi ini juga sangat mudah dipahami oleh pengguna dan apabila ada kesalahan dalam mengupload data maka dengan mudah untuk memperbaikinya. Semua dokumen dapat di upload dalam bentuk file PDF.

Keterangan dalam setiap dokumen dalam aplikasi ini sudah lengkap seperti, nama dokumen, tanggal dokumen, nomor dokumen, terhitung masa kerja dll. Jadi apabila ada kenaikan pangkat khususnya untuk PNS maka dengan mudah mendownload dokumen dalam aplikasi SIDAK ini.

4. Tujuan Inovasi

Tujuan dilaksanakannya inovasi ini, yaitu :

  1. Digitalisasi arsip kepegawaian
  2. Memudahkan pencarian arsip kepegawaian

5. Manfaat Inovasi

Manfaat dari adanya inovasi ini, antara lain:

  1. Pegawai dapat mengakses arsip kepegawaian dari mana saja dan kapan saja
  2. Pegawai dan sekretariat dinas dapat memperoleh rekap data tentang kenaikan pangkat dan berkala pegawai

6. Hasil Inovasi

Dengan adanya aplikasi SIDAK Tata kelola administrasi kepegawaian menjadi lebih efektif dan praktis.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Petunjuk Teknis Sistem Kepegawaian Disperkim

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber