Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kembangkan Desa Wisata, Universitas Gunadarma Jajaki Kerja Sama Dengan Pemkab Lampung Selatan

28/12/2021

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Universitas Gunadarma menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan tentang pengembangan desa wisata unggulan yang ada di bumi Khagom Mufakat.

Pengembangan desa wisata unggul tersebut nantinya akan dilakukan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Dimana sasaran utamanya yakni Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang dan Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan.

Hal itu terungkap dalam audiensi antara Akademisi Universitas Gunadarma bersama Pemkab Lampung Selatan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, S.Sos., M.M., beserta jajaran di ruang kerja Sekda, kantor bupati setempat, Selasa (28/12/2021).

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Lampung Selatan Ir. Mulyadi Saleh, M.M., beserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Feri Bastian, S.E., M.M., Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Drs. Saripudin, M.M., beserta pejabat terkait lainnya.

Sementara dari pihak Gunadarma, hadir Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Prof. Dr. Didin Mukodim, M.M., Ketua Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Dr. Edy Prihantoro, M.I.Kom., MMSI, Dosen/UGTV Iqbal Al Khazim, S.I.Kom., M.M., dan Evan Sektiandi, S.T., M.I.Kom.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Universitas Gunadarma Didin Mukodim mengatakan, perjanjian kerja sama itu untuk menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Yakni, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Keberadaan kami disini dalam rangka menjembatani, yaitu membangun sinergi dan membentuk kerja sama antara Universitas Gunadarma dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Mudah-mudahan kedatangan kami ini diterima dengan baik,” ujarnya.

Didin Mukodim menambahkan, penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut akan dipusatkan pada sektor pariwisata. Kemudian, nantinya akan dilaksanakan pula pembinaan kepada masyarakat sekitar yang desanya menjadi objek pengembangan wisata.

“Untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam pengabdian masyarakat itu kami juga ingin memberikan pelayanan. Hal itu dibuktikan apabila ada kerja sama, apakah bentuknya magang atau hal lain dalam rangka kampus merdeka,” katanya.

Dirinya berharap, dengan terjalinnya kerja sama antara Universitas Gunadarma dan Pemkab Lampung Selatan, dapat menghasilkan kolaborasi yang baik sehingga kedepan mampu memberikan dampak yang baik pula bagi seluruh elemen masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan Pemda bisa menjadikan kolaborasi yang baik, sehingga mahasiswa dan dosen selain melakukan penelitian juga melakukan pengabdian masyarakatnya. Bukan hanya sekarang tapi juga untuk kedepannya,” ucapnya.

Sementara, Sekda Kabupaten Lampung Selatan Thamrin menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara Universitas Gunadarma dan Pemkab Lampung Selatan.

Dirinya berharap, kerja sama yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat itu, akan berdampak baik terhadap perkembangan wisata di daerahnya.

Terlebih, hal itu sejalan dengan visi dan misi Bupati Lampung Selatan yang ingin terus memaksimalkan potensi sumber Daya Alam (SDA) melalui pengembangan sektor pariwisata.

“Melalui pengajaran, teknologi apalagi tadi ada technopark dan lain sebagainya, apabila bisa diterapkan ini sangat luar biasa. Ini bisa sangat mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya. (ptm)

Penulis : Putri Maisuri Lohentia

Last modified: 28/12/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber