Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Hari Donor Darah Sedunia, Ketua PMI Lampung Selatan Ajak Generasi Milenial Jadi Pelopor Donor Darah Sukarela

14/06/2022

JATI AGUNG, Diskominfo Lamsel – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengajak masyarakat, khususnya generasi milenial untuk menjadi pelopor aksi donor darah sukarela di Kabupaten Lampung Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Winarni saat membuka kegiatan Donor Darah Sukarela dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, yang berlangsung di Rumah Sakit (RS) Airan Raya, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Selasa (14/6/2022).

“Saya mengajak kepada segenap jajaran pengurus PMI untuk terus berkomitmen dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Berikan edukasi khususnya kepada kaum milenial mengenai dampak positif donor darah, sekaligus mengajak mereka menjadi pelopor pendonor darah,” kata Winarni.

Winarni mengatakan, kegiatan donor darah merupakan bagian dari aksi penyebaran nilai-nilai kemanusiaan, sekaligus nilai-nilai kepalang merahan untuk terus membantu umat manusia tanpa membedakan suku, agama dan ras.

Dirinya juga mengungkapkan, partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan donor darah di Kabupaten Lampung Selatan cukup tinggi. Hal ini tentunya sangat baik untuk terus ditingkatkan, selain berdampak pada kesehatan pendonor, donor darah juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang sangat mulia, bukan hanya pendonor yang mendapatkan pahala, tapi insyaallah semua yang menyiapkan dan hadir juga mendapatkan pahala dari Allah SWT. Partisipasi masyarakat dalam mendonor darah sangat luar biasa, dimana para pendonor darah tetap konsisten mendonorkan darahnya melalui PMI,” ungkapnya.

Tak lupa, Winarni juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah berkontribusi dalam kegiatan donor darah sukarela, mulai dari para pendonor hingga panitia penyelenggara kegiatan.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran masyarakat, terutama pada generasi muda kita yang telah bersedia menjadi pendonor darah berkelanjutan. Kemudian juga kepada pemerintah daerah Lampung Selatan, Kepala Dinas Kesehatan beserta jajatan dan jajaran RS. Airan Raya yang telah menyediakan tempat serta sarana dan prasarana sehingga kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Winarni berharap, melalui Peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni, dapat menumbuhkan solidaritas masyarakat dan para pendonor Lampung Selatan dalam menyukseskan kegiatan donor darah secara berkelanjutan. Dengan begitu, diharapkan ketersediaan darah di Kabupaten Lampung Selatan pun akan cukup, aman dan berkualitas.

“Setiap tanggal 14 juni seluruh negara-negara di dunia memperingati hari donor darah, tema kita pada hari ini adalah, Mendonorkan Darah Adalah Suatu Tindakan Solidaritas, Bergabunglah dan Selamatkan Nyawa. Dengan tema tersebut diharapkan akan tumbuh dan solidariritas kita emua untuk menyukseskan kegiatan donor darah khusunya di Lampung Selatan, kegiatan ini haruslah berkelanjutan,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan sekaligus Ketua Panitia Jhoniyansyah, dalam laporannya mengatakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Donor Darah Sedunia, telah dilaksanakan mulai tanggal 12 Juni 2022 dan hari puncak berlangsung pada hari ini, 14 Juni 2022 dengan target pendonor sebanyak 300 orang.

“Kami telah melakukan rangkaian kegiatan, mulai tanggal 12 Juni telah dilakukan donor darah anak muda, Palang Merah Remaja (PMR) Kalianda dan Rajabasa sebanyak 28 orang. Kemudian, tanggal 13 Juni 2022 talkshow PMI di Radio Pemda Dimensi Baru 93 FM,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RS. Airan Raya Dr. Zuchrady, MM, PIA, menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan donor darah tersebut. Dirinya mengungkapkan, ketersediaan darah merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia kesehatan.

“Sangat pentingnya donor darah sebagai gambaran kami sampaikan kepada ibu, satu bulan RS. Airan Raya membutuhkan 200 kantong darah dari PMI. Mengacu dari itu artinya kami sekali lagi mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan hari ini,” jelasnya. (ptm).

75total visits,2visits today

Last modified: 14/06/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber