Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Desa Betung Rajabasa Jadi Tuan Rumah Roadshow Swasembada Gizi Hari Ke-5

14/07/2022

RAJABASA, Diskominfo Lamsel – Hari ke-5 kegiatan Roadshow Swasembada Gizi sebagai salah satu langkah percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan digelar di pantai Titian Mutiara Desa Betung Kecamatan Rajabasa, Kamis (14/7/2022).

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Penyuluhan dan Pergerakan BKKBN Lampung Selatan Yuda melaporkan, kegiatan roadshow bertujuan sebagai akses kordinasi dan konsolidasi dan konvergensi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kelurahan serta kader penggerak gerakan swasembada gizi.

“Adapun, tujuan roadshow ini sebagai penguatan kapasitas gerakan swasembada gizi melalui program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta untuk memonitoring gerakan swasembada gizi, pelayanan program, terkait penurunan stunting dan pameran program kegiatan,” lapor Yuda.

Camat Rajabasa Saptudin mengatakan terkait penanganan stunting di Kecamatan Rajabasa dengan mendorong kualitas pelayanan pemerintah daerah dengan peningkatan gizi masyarakat untuk generasi unggul khususnya di Lampung Selatan.

“Sasaran yang akan kita kerjakan nanti yakni balita, pemuda putri kaitannya dengan calon ibu termasuk para kader baik di pemerintah kecamatan atau desa,” jelas Sabtudin.

Lebih lanjut ia melaporkan, jumlah data keluarga beresiko stunting di Kec Rajabasa sampai dengan tahun 2022 dari 16 desa sekecamatan sebanyak 265 keluarga beresiko stunting yang akan menjadi fokus penanganan diwilayah kecamatan Rajabasa.

“Fokus kami di Rajabasa menyasar Balita dibawah umur dua tahun dan ibu hamil. Dari data rekapitulasi dari 16 desa sampai dengan bulan Juli jumlah balita sebanyak 711 jiwa batita 1305 jiwa dan 170 jiwa ibu hamil,” lapornya.

“Kemudian data pravelensi stunting dan balita stunting tertangani sampai dengan saat ini pravelensi stuntingnya ada sebanyak 37 jiwa, kemudian balita stunting sebanyak 15 jiwa alhmdulilah sudah kita tangani dan mudah-mudahan tidak berlajut serta tumbuh kembangnya bisa normal kembali berkat kerjasama dari TPK dan semua pihak,” papar Sabtudin.

Sementara, Ketua TPPS Kabupaten Lampung Selatan yang juga Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto memberikan arahan kepada para peserta roadshow untuk terus saling berkordinasi dan bekerja sama dalam meningkatkan kapasitas dan berupaya menurunkan angka stunting di wilayahnya masing-masing.

“Ini yang hadir langsung atau lewat zoom ada TPPS Kecamatan, TPPS Desa, Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari Bidan Desa, Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kader KB, para Kepala Desa, adik-adik dari Genre, Forum Anak Daerah juga ada. Nah ini semua kita libatkan bekerjasama untuk penurunan stunting di daerah kita,” ungkapnya.

Selain memberikan materi tentang strategi penurunan stunting, Winarni juga ikut mengisi acara dengan materi revolusi mental, wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air.

Bagi peserta roadshow yang hadir atau masyarakat sekitar tersedia juga beberapa stand pelayanan seperti pelayanan kesehatan dari puskesmas setempat, pelayanan pajak, pelayanan perizinan, gerai UMKM, pameran produk dan lain sebagainya. (Hy).

271total visits,3visits today

Last modified: 14/07/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber