Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Desa Kemukus Ketapang Bersiap Mewakili Kabupaten Lampung Selatan Pada Lomba P3KSS dan GSI Tahun 2022

09/08/2022

KETAPANG, Diskominfo Lamsel – Jelang Lomba Peranan Perempuan menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS) dan Lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan lakukan pembinaan di Desa Kemukus Kecamatan Ketapang, Selasa (9/8/2022).

Dipilihnya Desa Kemukus sebagai sasaran pembinaan oleh tim dari Provinsi Lampung, untuk menindaklanjuti adanya tiga kerawanan di desa tersebut yakni rawan pendidikan, rawan kesehatan, dan rawan ekonomi.

Sehingga melalui kegiatan lomba tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat melalui beberapa sektor kehidupan yang dapat dilakukan oleh kaum perempuan.

Sementara, untuk sasaran pembinaan dilakukan terhadap 100 warga binaan yang tergabung dalam 10 kelompok binaan, agar mengerti tentang P3KSS secara serius dan tekun mengikuti pembinaan dan pelatihan keterampilan yang diberikan oleh Dinas Instansi terkait.

Staff Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Yespi Cory menjelaskan, P3KSS adalah program yang berlandaskan adanya isu kesetaraan gender dan berkaitan dengan pembangunan pemberdayaan perempuan yang berdampak kepada pembangunan yang adil dan setara gender sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Lomba P3KSS dan GSI Tingkat Provinsi Lampung yang direncanakan berlangsung bulan Oktober atau November ini mewakili Kabupaten Lampung Selatan yaitu Desa Kemukus Ketapang, mohon kerjasama kita bersama bapak-ibu untuk bisa memberikan hasil yang terbaik,” jelas Yespi.

Lebih lanjut, Yespi Cory menjelaskan bahwa bentuk dari program P3KSS ini adalah pemberdayaan kelompok binaan yang dilakukan untuk membuat masyarakat menjadi berdaya dan meningkatkan potensi serta kemampuan yang dimiliki sehingga menjadi mandiri dan mampu untuk membuat keputusan sendiri untuk mencapai kesejahteraan keluarga.

“Jadi ibu-ibu para kelompok binaan ini bisa lakukan hal yang sederhana dulu yang ringan-ringan dulu yang bisa di lakukan seperti membuat keseragaman pagar agar terlihat rapih dan indah, pemanfaatan pekarangan rumah, perhatikan kebersihan lingkungan rumah,” katanya.

“Kami ini dari Kabupaten ini sebagai pendukung melalui pendampingan atau pembinaan, yang berperan penting disini adalah ibu-ibu warga binaan ini, kami harap pak Kades saya minta lebih proaktif bisa berkordinasi dengan instansi atau dinas di Kabupaten,” jelas lebih lanjut.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Kabupaten Lampung Selatan, yang juga selaku koordinator tim pembinaan di tingkat kabupaten Anasrullah menambahkan, pelaksanaan pembinaan ini akan berlangsung tiap dua kali dalam sepekan yakni hari Selasa dan Kamis oleh Dinas/Instansi yang telah ditunjuk hingga kegiatan lomba dilaksanakan.

“Nanti akan kita adakan diskusi bersama-sama untuk mencari jalan keluar dan memotivasi warga untuk meningkatkan peran perempuan dalam menuju keluarga yang sehat dan sejahtera di kolaborasikan dengan program-program yang ada di kabupaten,” tambahnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan itu, akan memberikan suatu perubahan nyata bagi warga Desa Kemukus mulai dari pembinaan, hingga pelaksanaan lomba dan seterusnya.

“Saya berharap, akan partisipasi aktif dan kesiapan seluruh warga Desa Kemukus, khususnya kaum perempuan untuk dapat menyukseskan kegiatan tersebut,” harap Anasrullah. (Hy)

229total visits,2visits today

Last modified: 09/08/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber