Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Disdukcapil Lampung Selatan Berikan Pelayanan KTP Digital Di Lampung Selatan Fest

16/11/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Selatan juga turut mengambil bagian dalam kegiatan Lampung Selatan Fest 2022 yang digelar dalam rangka peringatan HUT Lampung Selatan ke-66.

Dalam kesempatan itu, Disdukcapil Lampung Selatan memperkenalkan inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri yang sedang hangat dibicarakan dan ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat yakni Digital ID atau Identitas Kependudukan Digital.

Saat ditemui di Stand Disdukcapil, Kepala Dinas Disdukcapil Lampung Selatan Edy Firnandi menjelaskan, Digital ID merupakan program Pemerintah Pusat, yang mana dokumen kependudukan warga terekam di dalam handphone menggunakan aplikasi Identitas Kependudukan Digital Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi masyarakat nanti diarahkan untuk mengunduh aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di ponsel yang tersedia menu playstore namun untuk sementara aplikasi baru tersedia untuk pengguna Android,”ujarnya distand pelayanan Lampung Selatan Fest, Rabu (16/11/2022).

(Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Di Play store)

berikut cara membuat KTP Digital:

1.Unduh aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di ponsel. Sementara aplikasi baru tersedia untuk pengguna Android.

2.Input Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor ponsel

3.Melakukan verifikasi data lewat face recognition atau verifikasi wajah

4.Pemohon kemudian melakukan verifikasi email

5.Setelah berhasil, kembali ke menu aplikasi ID dan login

6.KTP digital tersedia di menu utama, beserta Kartu Keluarga (KK), NPWP, Kepemilikan Kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan kartu vaksinasi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Edy Firnandi juga mengungkapkan melakukan program ini nantinya masyarakat dapat mempermudah dalam segala akses apapun yang kaitannya dengan data kependudukan.

“Jadi nanti masyarakat kedepan sudah tidak lagi memegang KTP yang berbentuk fisik, tapi sudah menggunakan kecanggihan dari smartphone yang mudah dalam 1 genggaman,” ungkapnya.

” Jadi nanti silahkan masyarakat hadir ke stand pelayanan disdukcapil Lampung Selatan di Lapangan Kalianda Expo. Ada tim kami yang akan melayani mulai dari registrasi awal hingga selesai cukup dengan membawa KTP yang berdomisili di Kabupaten Lampung Selatan,” imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan, program ini sudah berjalan selama 1 bulan yang diperkenalkan kepada masyarakat dan Kepala Perangkat Daerah di Lampung Selatan.

“Semoga dengan hadirnya kami di Lampung Selatan Fest ini, masyarakat juga semakin mengetahui program terbaru Digital ID ini.Masyarakat yang sudah lanjut usia atau memang tidak mengerti akan program tersebut, tidak perlu khawatir KTP fisik masih akan tetap berlaku,”pungkasnya. (lmhr)

Last modified: 16/11/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber