Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bupati Nanang Ermanto Hadiri Acara Khegah Talam Juadah

25/11/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Ketua Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Lampung Selatan menghadiri acara Khegah Talam Juadah di Taman Agro Wisata, Kalianda, Sabtu (25/11/2023).

Acara adat ini merupakan tradisi kearifan lokal daerah dari masyarakat Lampung Pesisir. Tradisi Khegah Talam biasanya berisi makanan untuk dua porsi dan sudah berisi makanan utama dan penutup.

Pagelaran Khegah Talam Juadah diselenggarakan karena ingin mengangkat Juadah sebagai kue adat.  kedepan kue adat ini bisa tetap dilestarikan dan tidak hilang dimakan zaman.

Budayawan Lampung Selatan Budiman Yakub berharap, kegiatan ini dapat melestarikan budaya daerah lokal dan memperkenalkannya ke tingkat nasional. Salah satu caranya yaitu dengan membuat lumbung juadah.

“Maka dewan kesenian Lampung Selatan ingin mempunyai yang namanya lumbung, lumbung juadah.  Lampung Selatan melalui dinas dinas yang ada sehingga bisa dikenal dari sabang hingga merauke,” katanya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Khegah Talam Juadah.

Dirinya berharap, kegiatan kebudayaan seperti ini dapat terus terselenggara setiap tahunnya. Sehingga, kebudayaan daerah Lampung khusunya Lampung Selatan bisa tetap lestari dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan ini kita lestarikan setiap tahunnya. Kita punya kalender tahunan, agenda kegiatan seperti ini bisa kita masukkan. Bagaimana ini kita kembangkan bahwa ini adalah warisan leluhur yang perlu kita lestarikan,” ujar Nanang. (ptm)

Last modified: 25/11/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber