Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Tim Gabungan Pemkab Lampung Selatan Pantau Harga Sembako di Sejumlah Pasar Jelang Nataru

12/12/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan pemantauan harga dan ketersedian barang sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar menjelang peringatan hari natal dan tahun baru (Nataru) 2023, Selasa (12/11/2023).

Tim Gabungan terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lampung Selatan, unsur dari Polres dan Kodim  0421 Lampung Selatan, Kejaksaan Negeri Lampung Selatan, serta Kansilog Bulog Kalianda Lampung Selatan.

Selanjutnya, tim gabungan tersebut terbagi menjadi dua untuk melakukan monitoring ke sejumlah pasar guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok.

Dari pantauan, tim pertama melakukan monitoring di pasar tradisional di Kecamatan Kalianda dan Sidomulyo. Kemudian, tim kedua melakukan monitoring di Pasar Kecamatan Jati Agung dan Natar.

Kepala Dinas Pariwisata sekaligus Ketua Tim Gabungan  Pertama, Darmawan menyampaikan, harga bahan pangan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng cenderung stabil dan masih pada level yang dapat diakses oleh konsumen.

Namun, pada sektor sayur mayur mencatat adanya kenaikan harga yang cukup signifikan, terutama harga cabai yang saat ini sedang melonjak tinggi.

“Hari ini kita melaksanakan pemantauan harga-harga kebutuhan pokok. Jadi tugas kita adalah memantau harga-harga kebutuhan pokok. Diantaranya harga beras kita pantau masih stabil dan pasokan cukup. Kemudian, sayur-sayuran harga sedikit naik,” ujarnya.

Darmawan mengatakan, Pemkab Lampung Selatan akan terus memantau dinamika harga untuk mencegah lonjakan yang signifikan, dengan mengimplementasikan langkah-langkah pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat.

“Tujuan dari pemantauan ini adalah sebagai bahan Pemkab untuk mengambil kebijaksanaan, intervensinya seperti apa nanti kalau dia harganya lebih tinggi,” imbuhnya.

Selain memantau pasar, tim gabungan pertama juga memantau stok dan masa kadaluarga di beberapa waralaba sekitar pasar.

Sementara, dari hasil kegiatan monitoring di Pasar Kalianda dan Sidomulyo harga sembako terbilang masih normal. Ketersediaannya pun mencukupi. Berikut harga eceran tertinggi dari kisaran harga beberapa kebutuhan bahan pokok :

– Cabe rawit/Kg Rp.110.000

– Beras/Kg Rp.12.000

– Bawang Merah/Kg Rp.30.000

– Telur Ras/Kg Rp.27.000

– Minyak Kemasan Rp.14.000

– Sawi, Kol Rp.10.000

– Daging Ayam/Ekor Rp.45.000

– Daging Sapi/Kg Rp.140.000

-Daging Kambing/Kg Rp.130.000

– Buah Anggur/Kg Rp.60.000

– Buah Pir/Kg Rp.35.000

– Buah Apel/Kg Rp.45.000

(ptm)

Last modified: 12/12/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber