Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

TPID Lamsel Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Minggu ke-3 Januari 2024, Terjadi Penurunan Dibandingkan Desember 2023

15/01/2024

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual meeting.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi minggu ketiga bulan Januari tahun 2024 ini, diikuti TPID Lampung Selatan melalui aplikasi zoom meeting dari Ruang Kabag Perekonomian Setdakab Lampung Selatan, Senin (15/1/2024).

Rapat dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Tomsi Tohir.

Tomsi Tohir menyampaikan, rakor inflasi yang diselenggarakan setiap hari senin di setiap minggunya tersebut bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan inflasi di dunia, nasional hingga daerah.

“Sebagai evaluasi kami. Oleh sebab itu, kami mohon penjelasannya tidak berulang dan kita fokus pada hal-hal penaikan harga dan mengantisipasi kenaikan inflasi,” ujar Tomsi Tohir.

Sementara itu, Direktur Statistik Harga BPS RI, Dr. Windhiarso Putranto, menyampaikan mengenai  tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga pada minggu ke-2 Januari 2024.

Windhiarso menyampaikan, terjadi penurunan inflasi pada bulan Januari 2024 dibandingkan dengan Desember 2023. Dimana, pada bulan Januari terdapat penurunan permintaan transportasi.

Kemudian, penyebab inflasi di bulan Januari masih dipengaruhi oleh cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, ikan segar, minyak goreng dan beberapa komoditas pangan lainnya.

“Tingkat inflasi pada bulan Januari relatif lebih rendah dibandingkan pada bulan Desember. Ada berapa faktor yang mempengaruhi, seperti beberapa komoditas yang semakin berkurang konsumsinya,” katanya. (ptm)

Last modified: 15/01/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber