Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Jaga Persatuan dan Kesatuan Adat Lampung, Kebandaran Marga Legun Gelar Silaturahmi Antar Tokoh

30/06/2019

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Marga Legun Kebandaran Way Urang Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan menggelar acara silaturahmi antar tokoh adat di Lamban Balak Marga Legun, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Minggu (30/6/2019).

Acara yang dikemas dalam halalbihalal sekaligus deklarasi kebangsaan itu, dihadiri Ketua Yayasan Penyimbang Adat Lampung (Yapemal) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu gelar Sutan Tuan Kacca Makhga yang juga Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Nampak hadir juga Kapolda Lampung, Danrem 043/Garuda Hitam, Danlanal Lampung, Danbrigif 4/Marinir, Anggota Forkopimda Lampung Selatan, Pejabat Pemerintah Provinsi Lampung, serta Pejabat Utama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu turut hadir, Gusti Batin Yani perwakilan Sultan Skala Brak Yang Dipertuan Ke-23 Kepaksian Pernong Lampung, Pangeran 5 Marga beserta Penyimbang Adat Lampung Selatan, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

Pangeran Marga Legun dari Kebandaran Way Urang, yang juga merupakan Wakapolda Lampung, Brigjen Rudi Setiawan, S.IK, SH, MH, mengatakan, selain dalam rangka halalbihalal 1440 Hijriah, maksud digelarnya acara tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kerukunan adat 5 Marga di Lampung Selatan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita manfaatkan momentum silaturahmi ini untuk saling memaafkan. Dan mari kita terus jaga dan lestarikan adat dan budaya kita,” ujar mantan Kapolrestabes  Surabaya ini.

Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Pangeran Marga Legun, Rudi Setiawan yang bergelar Pangikhan Sangun Khatu Ya Bandakh II berharap, masyarakat adat dapat mengikuti perkembangan zaman dan ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan di daerahnya.

“Para pemimpin harus mengedepankan Lumbah malah mukhah kasih,  yang artinya rendah hati dan bijaksana dalam mengambil keputusan, serta loyalitas terhadap pimpinan,” katanya.

Sedangkan, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Sebab kata dia, Indonesia adalah negara yang besar dengan keberagaman suku, adat, budaya, agama, serta karakteristik dan keunikan disetiap wilayahnya.

“Ini yang kadang sering dilupakan, negara kita ini adalah negara yang besar. Sebagai anak bangsa kita harus bangga, negara kita dipandang besar negara lain. Mari kita jaga persatuan dan keutuhan bangsa kita. Bangun rasa kepedulian dan persaudaraan dengan sesama,” tandasnya.

Sementara, pantauan tim ini, dalam acara itu juga dilaksanakan Deklarasi Kebangsaan Masyarakat Adat Lampung yang dipimpin Pangeran Marga Legun dan diikuti seluruh tokoh tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta undangan yang hadir. (kmf)

Last modified: 30/06/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber