Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Sempat Vakum 1 Tahun, Pengurus GOW Kabupaten Lampung Selatan Kembali Dilantik Bupati

03/07/2020

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Setelah sempat vakum 1 tahun, pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Selatan periode 2017-2022 resmi dilantik.

Pelantikan pengurus GOW yang terdiri dari gabungan 23 organisasi wanita yang ada di kabupaten Khagom Mufakat ini, dilantik secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermano, di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat, pada Jumat (3/7/2020).

Turut hadir juga sejumlah Penasehat GOW yakni, Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Adhiyaksa Dharma Karini, Dharma Yukti Karini, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto beserta sejumlah pejabat struktural Pemkab setempat.

Dalam arahannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan, keberadaan GOW diharapkan dapat berperan aktif memberikan kontribusinya dalam setiap pelaksanaan pembangunan. Terutama pembangunan pemberdayaan wanita dalam berbagai bidang.

“Kepada pengurus yang baru, mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Lampung Selatan. Karena GOW yang merupakan gabungan 23 organisasi wanita ini memiliki peran penting dalam menyukseskan pembangunan,” ujar Nanang dalam sambutannya.

Nanang juga mengatakan, GOW harus dapat menjadi organisasi yang berhasil, dinamis serta mampu menjadi sumber inspirasi, harapan dan kekuatan bagi kaum ibu. Sehingga potensi yang dimiliki para anggotanya dapat menjadi kekuatan besar dalam memajukan organisasi.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat menyampaikan arahan pada pelantikan Pengurus GOW Kabupaten Lampung Selatan periode 2017-2022. | Foto : Diskominfo Lamsel

Dia menambahkan, meskipun berbeda-beda, organisasi tersebut dapat disatukan dalam satu tugas besar. Yaitu berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam setiap program pembangunan demi terwujudnya masyarakat Lampung Selatan yang lebih baik.

“Menyamakan persepsi 23 organisasi wanita dalam satu kesatuan tidak mudah. Kuncinya kita harus bisa menghilangkan ego satu sama lain. Mudah-mudahan kepengurusan yang baru ini bisa berjalan dengan baik. Dan bisa bersinergi membantu pemerintah daerah,” kata Nanang.

Selain itu, Nanang juga berharap, GOW dapat menjadi duta pemerintah dalam mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi COVID-19 yang melanda.

“Kehadiran GOW juga harus mempunyai peran. Terutama membantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat ditengah pandemi COVID-19. Harus mampunyai inovasi dan kreatifitas menghidupkan UMKM yang ada di desa,” imbuhnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama Penasehat dan Pengurus GOW Kabupaten Lampung Selatan periode 2017-2022. | Foto : Diskominfo Lamsel

Sementara, Ketua GOW Kabupaten Lampung Selatan terpilih periode 2017-2022, Dra. Endang Budi Astuti menuturkan, GOW Kabupaten Lampung Selatan didirikan tanggal 22 Desember 1987 bertepatan dengan Hari Ibu ke-49.

“Pelantikan ini dilaksanakan karena kepengurusan peridoe 2012-2017 telah berakhir. Sehingga diganti dengan pengurus yang baru periode 2017-2022. Meskipun sebagian juga merupakan pengurus lama,” kata Endang sapaan pengurus organisasi wanita Aisyiah ini.

Lebih lanjut dia menyampaikan, GOW berbentuk badan kerjasama segenap organisasi wanita yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Dimana GOW merupakan organisasi independen yang tidak terkait dengan suatu organisasi politik apapun.

“Kami mengakui keberadaan GOW beberapa tahun ini kurang baik. Banyak kendala yang kami alami dan tidak mampu mencari solusi yang tepat. Sehingga beberapa tahun terakhir kami tidak ada kegiatan, dan tidak mampu mengerakkan organiasi yang ada pada kami,” ungkapnya.

Namun demikian, dirinya menyatakan, tahun 2020 merupakan awal kebangkitan OW Kabupaten Lampung Selatan. Dengan kepengurusan yang baru, pihaknya akan berupaya mengemban dan menjalankan yang diamanhkan organisasi untuk membantu pemerintah.

“Ini tahun kebangkitan kami setelah mendapat spirit dari penasehat GOW ibu Hj. Winarni dan pembina GOW Kepala Dinas PPAA. Insya Allah kami ingin berkiprah seperti sedia kala. Apalagi anggaran yang kami ajukan sudah mendapat restu dari pak bupati,” tuturnya. (az)

153total visits,1visits today

Last modified: 03/07/2020

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber