Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

09/09/2020

  1. Inisiator

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kab. Lampung Selatan

2. Bentuk Inovasi

Inovasi Bentuk Lainnya Sesuai Bidang Urusan Pemerintah yang Menjadi Kewenangan Daerah

3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan

Melihat kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan dan tingginya kompetensi yang diinginkan oleh para industri pengguna tenaga kerja (user), jumlah pengangguran yang meningkat pun semakin tak terelakkan. Belum lagi issue terkini terkait kebijakan pemerintah tentang moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) selama lima tahun kedepan. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pusat Pengembangan Karir (PPK) yang mempersiapkan lulusan memasuki dunia pekerjaan sejak masih menjadi mahasiswa. Dengan dasar permasalahan yang sudah dijelaskan pada latar belakang, maka Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lampung Selatan memiliki pemikiran dan beban moral terhadap para calon alumni dalam menghadapi masa transisi bahwa mereka juga mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri (entrepreneurship) dengan berwirausaha.

Namun demikian menerjuni dunia kewirausahaan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan serampangan. Karena dunia entrepreneurship pun penuh dengan tantangan dan hambatan. Jika tidak memahami ilmunya, tidak menguasai kunci-kunci suksesnya, dunia entrepreneur juga bisa mengantarkan kepada kegagalan. Inilah yang harus diminimalisir dengan cara membagikan ilmu-ilmu kewirausahaan yang bisa langsung diaplikasikan secara praktis dalam dunia bisnis yang diterjuni sehingga jalan untuk mencapai kesuksesan akan cepat terwujud. Dengan semakin banyaknya entrepreneur, maka diharapkan permasalahan pengangguran dapat berkurang dengan sendirinya dan para Peserta seminar Kewirausahaan dapat berkiprah didunia kerja seperti harapan.

Dewasa ini, kita dihadapkan pada kenyataan bahwa jumlah wirausaha di Indonesia masih minim dan mutunya belum bisa dikatakan hebat, sehingga pembangunan kewirausahaan merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan ekonomi di negara ini khususnya untuk kebanyakan kalangan pemuda dan pemudi di Indonesia paradigma yang terbangun di kalangan pemuda dan pemudi saat ini yaitu keinginan mendapatkan uang dalam jangka waktu yang relatif cepat disertai dengan nilai yang tinggi sehingga mereka berusahan mencari pekerjaan yang diinginkan tanpa mengindahkan dan mau menggali potensi-potensi positif dalam diri mereka dengan menciptakan suatu usaha baru yang memang selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri namun juga mempunyai value added bagi orang lain.

Kegiatan Pelatihan kewirausahaan diikuti oleh alumni pelajar dan alumni-alumni mahasiswa dan kegiatan tersebut dibebankan dari APBD Lampung Selatan. 

4. Tujuan Inovasi

Tujuan dilaksanakannya inovasi ini, yaitu :

Untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang membantu memulai dan menjalankan usaha dengan sukses dan merupakan program pengembangan keterampilan yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu Pengusaha Muda serta untuk menghadapi persaingan yang semakin kompleks dan persaingan global, maka kreatifitas menjadi sangat penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif. dunia bisnis memerlukan sumber daya manusia kreatif dan inovatif.

5. Manfaat Inovasi

Manfaat dari adanya inovasi ini, antara lain:

Mengembangkan interaksi, menciptakan jaringan komunikasi, mengembangkan pertumbuhan pribadi, menumbuh kembangkan minat berwirausaha sejak dini serta mendorong terbentuknya ide-ide kreatif untuk berwirausaha.

6. Hasil Inovasi

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan inovasi ini adalah: Dengan adanya program inovasi Pelatihan Kewirausahaan untuk mengembangkan interaksi, menciptakan jaringan komunikasi, mengembangkan pertumbuhan pribadi, meningkatkan produktifitas serta mendapatkan pekerjaan baru.

Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :

Petunjuk Teknis Pelatihan Kewirausahaan

Last modified: 09/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber