Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Perkenalkan Program Ngopi Bangek dan Kades Ekraf, Mulyadi Saleh Ajak Masyarakat Untuk Lebih Kreatif

30/03/2022

Penengahan, Diskominfo Lamsel – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Mulyadi Saleh menghadiri acara Ngolah Pikir Pengembangan Wisata dan Ekonomi Kreatif (NGOPI BANGEK) di Kolam Pemandian Way Tebing Cepa (WTC), Desa Taman Baru, Kecamatan Penengahan, Rabu, (29/03/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Heri Bastian, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Risko Ramadhanata, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika, Heri Wiyono, serta perwakilan dari jajaran Perangkat Daerah terkait, Pokdarwis Kolam Pemandian WTC serta Pokdarwis Pantai Minang Rua, Bakauheni.

Program yang di inisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama dengan Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kepada pengelola wisata untuk tidak hanya mempromosikan objek wisata, namun juga produk lokal sebagai cindera mata yang dapat dibuat oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu cara memberdayakan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mulyadi Saleh mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan dibina melalui program Workshop Kades Ekraf.

“Jadi Kades Ekraf itu adalah Kelompok Destinasi Wisata Ekonomi Kreatif yang diharapkan disetiap tempat wisata itu mendapatkan workshop tersebut. Dimana nantinya tempat wisata harus memiliki tempat pelatihan, orang yang melatih, orang yang dilatih dan ada produk yang dapat kita kembangkan,”ucap Mulyadi.

Ia menambahkan, dari hasil workshop diharapkan akan ada hasil produksi yang dapat dijual. Saat ini Kades Ekraf sudah dijalankan oleh penggiat wisata Pantai Minang Rua yang telah memproduksi Cindera Mata berupa gantungan kunci, Pin, serta makanan hasil UMKM dari Pantai Minang Rua yang dapat dijadikan buah tangan oleh pengujung.

Ditempat yang sama, Camat Penengahan Jaelani menyambut baik perhatian dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang akan mengembangkan tempat wisata Pemandian WTC, karena menurutnya tempat wisata tersebut merupakan tempat yang selalu ramai pengunjung terutama di hari libur atau weekend.

“Harapan saya dari kelompok masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah desa untuk mendapatkan solusi terbaik untuk bersama-sama mengembangkan tempat wisata yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar,”tuturnya.

Jaelani juga mengungkapkan perlunya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dapat membantu mengembangkan ekonomi kreatif diwilayahnya dengan memiliki kreatifitas dan menghasilkan produk yang dapat dijual menjadi oleh-oleh khas tempat wisata tersebut.

“Harapan kami juga nanti UMKM yang langsung dikelola oleh Bumdes dapat menitipkan barang hasil kreatifitas ke dalam galeri yang di miliki atau pojok UMKM,”ujarnya.

Mantan Sekretaris Camat Penengahan tersebut juga menambahkan, Inovasi yang akan dilakukan Kecamatan Penengahan mengenai Destinasi Wisata dengan memiliki Fun Off-Road yang melewati 5 lingkar desa wisata.

“Dengan rute yang pertama pengunjung datang ke makam Pahlawan Nasional Radin Intan II, lalu Ke Way Batogh di desa Gedong Harta yang disitu kita sediakan mobil-mobil Off-Road untuk naik ke wisata Air Terjun Way Kalam dan melihat pementasan seni budaya,”tambahnya.

“Selanjutnya kita naik ke desa Padan disana terdapat wisata Bunapel (Bukit Nabang Pelangi) yang berada dekat dengan kaki gunung Rajabasa, lalu turun ada lokasi pemandian juga yang bernama WBK ( Way Benteng Kedagaan) yang juga disana terdapat makam Keraton Menangsi dan rute perjalanan berakhir di Wisata Pemandian Way Tebing Cepa,”imbuhnya.

Terakhir, Camat Penengahan itu mengajak kelompok masyarakat sekitar untuk dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Desa khusus pemerintah desa Taman Baru untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam mengembangkan Destinasi Wisata Pemandian Way Tebing Cepa serta destinasi wisata lainnya. (lmhr)

Last modified: 31/03/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber