Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kukuhkan Karang Taruna Kabupaten Lampung Selatan, Nanang Ermanto Berpesan Untuk Menjadi Mitra Pemerintah

31/03/2022

KALIANDA, Diskominfo lamsel- Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri acara pengukuhan Karang Taruna Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2022-2027 di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Kamis, (31/03/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Thamrin, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Eka Riantinawati, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona serta jajaran Forkopimda dan Perangkat Daerah lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Karang Taruna terpilih Sahirul Hidayat menjelaskan, Karang Taruna merupakan organisasi pengembangan generasi kepemudaan di Indonesia non partisan yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Khususnya generasi muda di wilayah desa dan kelurahan atau komunitas sosial yang bergerak pada bidang kesejahteraan sosial sebagai organisasi sosial kepemudaan,”ucapnya.

Selanjutnya, Sahirul menjelaskan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan sekitar baik sumber daya manusia dan sumber daya alam yang sudah tersedia.

“Karang taruna harus proaktif membangun sinergisitas kepada seluruh stakeholder yang ada, dan tidak lagi hanya bertumpu pada kementerian sosial dan jajaran dengan menyandingkan program-program karang taruna dengan instansi terkait,”jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona menuturkan, organisasi sudah bertransformasi kembali ke Marwah karang taruna yakni karang taruna merupakan organisasi sosial yang peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar.

“Jadi tujuannya adalah bagaimana lingkungan sekitar maju dan mengentaskan masalah sosial yang ada di sekitar kita,”tuturnya.

Dendi Ramadhona yang juga sebagai Bupati Aktif di Kabupaten Pesawaran tersebut menambahkan, karang taruna didesa merupakan tingkat yang paling dasar sedang karang taruna kabupaten merupakan kordinator.

“Maka dengan melihat strata yang seperti itu, saya harapkan pak bupati dapat membantu karang taruna dengan kebijakan dengan mengintervensi desa dengan menggerakkan karang taruna,”tambahnya.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik pengukuhan tersebut, dirinya berharap dengan dikukuhkannya pemuda-pemudi didalam badan karang taruna ini dapat menjadi mitra pemerintah untuk memajukan Kabupaten Lampung Selatan.

“Harapan saya dengan hadirnya karang taruna, bagaimana peran pemuda-pemudi untuk sama-sama membangun Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini,”harapnya.

Ia juga mengatakan, dengan hadirnya karang taruna di Lampung Selatan ini, mudah-mudahan dapat memacu kreatifitas dan inovasi pemuda-pemudi serta pemikiran-pemikiran yang nantinya dapat berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten.

“Mari kita tingkatkan kebersamaan serta tingkatkan persatuan dan kesatuan kita untuk membangun Lampung Selatan, Provinsi Lampung serta Indonesia,” pungkasnya. (lmhr)

Last modified: 31/03/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber