Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

KKP RI Gelar Perluasan Safari Gemarikan Untuk Cegah Stunting dan Gizi Buruk di Lamsel

10/12/2022

KALIANDA (DiskominfoLS) – Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan Dalam rangka percepatan penurunan stunting dan gizi buruk terus dilakukan yang diantaranya melalui kegiatan perluasan Safari Germarikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan berkerjasama dengan Komisi IV DPR RI.

Kegiatan Perluasan Safari Gemarikan Tahun 2022 yang berlokasi di Agrowisata Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu, (10/12/2022) itu, ditujukan untuk sasaran para kelompok remaja, calon pengantin, anak berusia 0-59 bulan, ibu hamil dan ibu menyusui.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI SUDIN, SE , Machmud, Sp.MSc Sekretaris Ditjen PDSPKP Kementrian Kelautan dan Perikanan RI , Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Ir. LIZA DERNI, M.M. , Duta Swasembada Gizi Lamsel Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Para Kepala OPD Pemkab Lamsel.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya menyampaikan capaian penurunan angka Stunting di Lampung Selatan telah diakui oleh Nasional.

“Dalam mengatasi stunting dan gizi buruk di kabupaten ini, kita telah mendapat pengakuan baik dari BAPPENAS RI, Kemarin kita memperoleh Sertifikat Apresiasi Kategori Inovasi Penurunan Stunting Melalui Program Swasembada Gizi. tentunya ini menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus berupaya dan kami optimis bahwa kabupaten lamsel akan dapat bebas stunting di tahun 2024,” Jelasnya.

“Saya juga berharap semoga kegiatan perluasan Safari Gemarikan ini dapat membantu upaya pemerintah dalam mencerdaskan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lampung Selatan. Kita juga akan memiliki event besar Jumbara Nasional Ke-IX dan ada juga motocross, kita haru siap. Saya yakin dengan tingkat stunting kita yang semakin turun dan adanya event-event nasional maka pertumbuhan ekonomi di lamsel akan lebih baik,” Tuturnya.

Sementara, Ketua Komisi IV DPR RI sudin juga menyampaikan kegiatan perluasan safari gemarikan ini tentunya untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat supaya gemar mengkonsumsi ikan.

“Saya berharap masyarakat lamsel lebih sadar lagi akan pentingnya mengkonsumsi ikan, Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh,” Ucapnya.

“Untuk itu diharapkan ikan menjadi menu utama dalam rumah tangga sehingga terjadi peningkatan tingkat konsumsi ikan masyarakat. Dengan mengkonsumsi ikan lebih tinggi, tingkat stunting pun akan lebih menurun,” imbuhnya.

Pada Kesempatan yang sama Machmud, Sp.MSc Sekretaris Ditjen PDSPKP Kementrian Kelautan dan Perikanan RI juga mengajak masyarakat lamsel untuk mempunyai mental dan perilaku yang baik, dengan asupan yang sehat dan bergizi yang bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak.

“Kita harus ajak anak-anak untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan, agar anak lebih tumbuh sehat dan cerdas,” Ucapnya.

“ikan memiliki kandungan omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan, serta mampu memenuhi kebutuhan gizi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk bagi ibu pada periode persiapan kehamilan atau masa kehamilan hingga memberikan asi,” terangnya.

Selajutnya pada kegiatan Perluasan Safari Gemarikan tersebut diberikan pula bantuan makanan berupa paket gemarikan kepada peserta berupa olahan ikan dan ikan segar untuk masyarakat. (Rk)

Last modified: 10/12/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber