Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kabupaten Lampung Selatan Raih Juara 3 Dalam Kategori Lomba Desa Dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Lampung

13/12/2022

Bandar Lampung, Diskominfo Lamsel – Kabupaten Lampung Selatan berhasil meraih juara 3 Lomba Desa tingkat Provinsi dan Juara 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Lampung.

Kali ini, Desa Sri Katon Kecamatan Tanjung Bintang berhasil keluar menjadi pemenang dalam kategori lomba desa tersebut. Dan selanjutnya, untuk kategori Lomba Inovasi Tepat Guna (TTG) diraih oleh warga desa Bandar Agung Kecamatan Sragi, Numi Candra.

Penyerahan hadiah pemenang Lomba Desa dan lomba Inovasi Tepat Guna berlangsung di Hotel Novotel Bandar Lampung yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto pada Selasa, (13/12/2022) hari ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan, Erdiyansyah mengaku sangat bangga atas kemenangan yang diraih oleh Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba desa tingkat Provinsi serta lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

“Meskipun yang kita raih ini belum maksimal namun kita tetap berbangga karena dari 14 Kabupaten/kota kita sudah masuk 3 besar. Begitupula dengan lomba TTG kita juga meraih juara 3, ini akan memicu kita untuk lebih kita tingkatkan lagi,” ucapnya.

Dirinya juga menyebutkan, lomba desa tingkat Provinsi Lampung merupakan acara yang terselenggara setiap tahunnya dengan menonjolkan kategori desa-desa terbaik se- Provinsi Lampung.

“Kebetulan kita pada tahun ini mengajukan desa Sri Katon Kecamatan Tanjung Bintang yang merupakan desa wisata juga di Kabupaten Lampung Selatan dengan indikator penilaian tingkat perkembangan desanya hingga Inovasi dari desa tersebut, ” sebutnya.

Sementara, Erdiyansyah menambahkan, untuk lomba kategori Teknologi Tepat Guna merupakan lomba yang menampilkan kreativitas dari creator/perancangan tingkat desa yang menghasilkan teknologi didesa yang mana teknologi tepat guna tersebut menjadi bermanfaat bagi desa-desa disekitarnya.

“Jadi ini merupakan lomba teknologi sederhana tingkat desa dengan pemanfaatan teknologi yang sederhana dan bernilai ekonomis. Kebetulan warga desa Bandar Agung ini berhasil menciptakan kincir air hemat listrik untuk tambak udang yang nantinya dapat menekan operasional bagi tambak yang akan menghasilkan keuntungan jadi lebih besar,” tambahnya.

“Kincir air pun rakitan yang dibuat dari bahan daur ulang sederhana berupa bekas kincir air yanf dirakit sedemikian rupa yang memiliki kelebihan hemat listrik serta meningkatkan produktivitas udang tambak udang tersebut sehingga udangnya menjadi lebih besar,” imbuhnya.

Mantan Camat Penengahan itu juga menerangkan, pada kegiatan Lampung Selatan Fest lalu kincir air rakitan warga Kecamatan Sragi tersebut masuk dalam salah satu yang diperkenalkan ke masyarakat.

“Jadi kemarin waktu kegiatan Lampung Selatan Fest kincir air tersebut promosikan di stand Dinas PMD dan hingga saat ini juga masih kita promosikan secara berkelanjutan. Alhamdulillah juga teknologi ini juga banyak memikat dari mulai desa-desa penghasil tambak sampai ke pengusaha-pengusaha tambak yang ada di Kabupaten Lampung Selatan untuk menggunakan teknologi tersebut,” terangnya.

Kepala Dinas PMD tersebut menyatakan, dengan diraihnya 2 juara dalam lomba tingkat Provinsi Lampung ini, Kabupaten Lampung Selatan untuk bisa terus mengevaluasi serta mengembangkan 2 projects yang akan dilaksanakan yakni Smart Village dan Desa yang memiliki PAD desa.

“Jadi kedepannya kita akan persiapan desa yang berbasis digitalisasi desa dan bagaimana juga desa itu memiliki PAD yang tinggi serta untuk TTG sendiri kita menghimbau semua desa dapat memiliki inovasi desa yang nantinya akan bermanfaat yang nantinya dapat diikutsertakan dalam lomba selanjutnya,” pungkasnya. (lmhr)

Last modified: 13/12/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber