Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan Lantik Pengurus Gugus Depan Pramuka Lapas Kelas II Kalianda

13/12/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel– Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto melantik Pengurus Gugus Depan 01.309 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda, Selasa (13/12/2022).

Pelaksanaan pelantikan tersebut bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda. Di acara itu dilaksanakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Lapas Kelas IIA Tetra Destorie dalam laporannya mengatakan di Lapas yang ia pimpin sudah melaksanakan pelatihan pramuka dari tahun 2020 namun baru hari ini legalitas dan pelantikan dilakukan.

“Kami dari tahun 2020 sudah aktif menyelenggarakan kegiatan kepramukaan di Lapas tapi baru hari ini kami dilantik sebagai pengurus Gugus Depan,” katanya.

Dirinya mengatakan, antusias dari para warga binaan untuk aktif dalam kegiatan pramuka sangat baik, untuk menjadi warga yang memiliki keterampilan dan kedisiplinan yang baik.

Tetra mengungkapkan, ada sekitar 50 anggota yang warga binaan aktif dalam kegiatan kepramukaan di Lapas dan kedepannya akan mencari lebih banyak lagi warga binaan yang ikut kegiatan.

“Sampai saat ini warga binaan kami ada 50 orang yang aktif kegiatan kepramukaan, dan dengan adanya pelantikan ini kami akan mengajak lebih banyak warga kami untuk aktif dalam kepramukaan,” ungkapnya

Hadir pada kegiatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan H. Ashari, SE., M.Pd.I, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Edy Firnandy, M.Si, Ketua harian Kwarcab Lampung Selatan beserta Pengurus, Ketua DWP Yani Thamrin.

Ketua Kwarcab Pramuka Lampung Selatan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, dengan adanya kegiatan Pramuka di Lapas akan mendorong warga binaan memiliki keterampilan dan kemampuan mandiri.

Menanggapi apa yang dikatakan kepala Lapas Winarni berterima kasih telah melakukan kegiatan kepramukaan meskipun pengurusnya belum dilantik dan sudah ada 50 anggota yang ikut.

” Terima kasih pak Tetra walaupun belum ada pelantikan tapi kegiatan kepramukaan sudah jalan dan ada 50 orang yang aktif yang didominasi usia muda,” ucap Winarni.

Winarni juga menyampaikan tantangan para pemuda di masa kini akan semakin berat dan perlu adanya kepribadian dan mental yang kuat dari para pemuda untuk mengatasi tantangan tersebut.

” Pemuda sekarang memiliki tantangan yang berat, untuk melewatinya butuh pribadi dan mental yang kuat, maka itu Pramuka hadir untuk mempersiapkan pemuda yang memiliki hal tesebut,” ungkapnya.

Dirinya juga menyambut positif dengan adanya kerjasama dengan KEMENAG dan Disdukcapil Lampung Selatan.

“Kerjasama dengan KEMENAG dan Catatan Sipil ini perlu sekali pak, biar warga binaan disini juga jadi pribadi yang religius dan mendapatkan pendataan diri yang lengkap,” ujarnya.

Dengan adanya pelantikan tersebut Winarni berharap para warga binaan di Lapas Kelas IIA Kalianda bisa memiliki keterampilan, kepribadian, dan mental yang kuat untuk mereka bisa berkontribusi di tengah tengah masyarakat.

“Saya harap dengan adanya pengurus Gugus Depan ini giat kepramukaan bisa lebih baik untuk warga binaan yang memiliki keterampilan dan kepribadian yang lebih baik dan berguna di masyarakat,” harap Winarni. (Kmf).

Last modified: 13/12/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber