Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Pelatihan Keprotokolan Diharapkan Dapat Membangun Karakter Yang Profesional Dan Berdedikasi

23/12/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Meningkatkan sumber daya manusia dalam hal pengetahuan keterampilan dan sikap tugas seorang protokol di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Lampung Selatan menggelar Pelatihan Keprotokolan, Jum’at (23/12/2022).

Kegiatan yang telah berlangsung sejak tanggal 22 hingga 23 Desember 2022 mengusung tema “Membangun Karakter Yang Profesional Dan Berdedikasi”, berlangsung di Aula Krakatau Kantor Bupati setempat.

Pada hari kedua ini, Pelatihan Keprotokolan mendatangkan langsung narasumber dari Provinsi Lampung yaitu Kepala Subkoordinator Pelayanan Tamu Bagian Protokol Provinsi Lampung, Aditia Yudistira, Kepala Subkoordinator Acara Bagian Protokol Provinsi Lampung, Rewind Tri Fazardo, Analisis Protokol, M. Reynaldo Rahmawan.

Narasumber dari Kabupaten yaitu, mantan Kepala Sub Bagian Protokol Kabupaten Lampung Selatan, Badruzzaman yang saat ini menjabat sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum Lampung Selatan.

Subkoordinator Pelayanan Tamu Bagian Protokol Provinsi Lampung, Aditia Yudistira mengatakan, keprotokolan merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan.

“Hal tersebut merupakan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya didalam negara, pemerintahan atau masyarakat,” ujarnya.

“Dimana, hal tersebut masuk kedalam pasal 1 Undang-Undang No 9 tahun 2020, tentang keprotokolan,” ujarnya lebih lanjut.

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Lampung Selatan, Rahmat Akbar mengungkapkan, dengan adanya pelatihan keprotokolan dapat memahami teknik dan etika keprotokolan, teknik implementasi kemampuan komunikasi secara efektif.

“Dimana semua peserta diharap harus mampu menyerap semua materi yang disampaikan nanti dan yang sangat penting, semua harus bisa mempersiapkan pelaksanaan kegiatan resmi di lingkungan Pemerintah Lampung Selatan maupun Kecamatan dalam hal melaksanakan kegiatan keprotokolan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” ungkap Rahmat Akbar.

“Kegiatan keprotokolan bukan saja mengenai rangkaian aturan dalam mengatur dan membawakan acara kenegaraan atau acara resmi, akan tetapi yang lebih penting yaitu petugas protokol harus memiliki sikap atau sikap terhadap pimpinan dan tamu undangan,” ujarnya lebih lanjut.

“Selesai pelatihan diharapkan semua ilmu yang telah diberikan dapat membangun karakter yang profesional dan berdedikasi, sesuai tema yang kita angkat,” pungkasnya. (Nsy).

Last modified: 23/12/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber