Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Dinas Damkar Terima Kunjungan Kober Anak Sholeh Daarul Qur’an Dan Berikan Edukasi Tentang Alat Pemadam Kebakaran

15/02/2023

Kalianda, Diskominfo Lamsel- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, menerima kunjungan Kelompok Bermain (Kober) Anak Sholeh Daarul Qur’an, Kalianda Lampung Selatan, Rabu (15/02/2023).

30 Orang siswa yang langsung di dampingi kepala Sekolah, Suryati serta wali murid diberikan pembekalan dan pengenalan peralatan pemadam kebakaran serta alat-alat penyelamatan non kebakaran oleh Kepala Bidang Damkar, Ruli Fikriansyah.

Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju yang dipakai oleh petugas saat melakukan pemadaman api, alat untuk menangkap ular, termasuk kendaraan pemadam kebakaran menjadi bagian perlengkapan Damkar yang diperkenalkan ke anak PAUD.

“Saya mau matikan api,”kata salah satu anak PAUD. ” Saya mau nyemprot,”kata salah satu anak yang lain menimpali.

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan, Ruli Fikriansyah mewakili Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, M.Sefri Masdian, mengatakan, tugas Damkar merupakan tugas mulia, dimana salah satu tugas pokoknya adalah membantu menyelamatkan orang maupun barang ketika terjadi musibah kebakaran.

Lebih lanjut Ruli menjelaskan, pengenalan dini terhadap bahaya kebakaran terhadap anak-anak sangat penting. Sebab, menurut Ruli, kebakaran bisa disebabkan oleh kelalaian manusia.

“Pengenalan terhadap bahaya kebakaran kepada anak usia dini cukup penting, sebab kebakaran bisa terjadi karena kelalaian manusia. Seperti anak-anak yang kadang sering bermain korek api, atau kembang api. Selain dapat menimbulkan kebakaran, juga dapat melukai diri mereka sendiri,”jelas Ruli.

“Jika terjadi kebakaran, langsung saja hubungi kami ke nomor 0822 7951 3682 atau 0727 3330 053, jam berapapun, kami selalu siaga 24 jam,”tambah Ruli.

Sementara itu, Kepala Sekolah Kelompok Bermain (Kober) Anak Sholeh Daarul Qur’an, Suryati mengatakan, tujuannya melakukan kunjungan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lampung Selatan adalah mengenalkan profesi Damkar kepada anak-anak PAUD, baik itu tugas yang dilakukan maupun peralatan yang digunakan.

“Kunjungan kami dari Kelompok Bermain Anak Sholeh Daarul Qur’an adalah memberikan pengenalan dini terhadap profesi Pemadam Kebakaran serta peralatan yang digunakan dalam bertugas,”ujar Suryati.

“Kami juga memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa di Lampung Selatan juga ada petugas pemadam kebakaran, artinya tidak hanya di daerah lain saja yang ada petugas pemadam kebakaran, tapi di Lampung Selatan juga ada,”kata Suryati menambahkan. (kmf)

Last modified: 15/02/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber