Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia

22/10/2019

KALIANDA – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Selatan peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Taman Agung Kecamatan Kalianda, Selasa (22/10/2019).

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se-Dunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober lalu diperingati oleh TP PKK Kabupaten Lampung Selatan bersama para siswa-siswi SDN 1 dan SMP Satu Atap Desa Taman Agung Kecamatan Kalianda.

Peringatan CTPS se-Dunia dihadiri oleh Pelaksana (Plt) Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, para Pejabat Struktural Pemkab Lampung Selatan juga hadir Direktur PT. Mitra Bentala dan SNV Indonesia Mas Habi, Camat Kalianda Zahidan, Kepala Sekolah SDN 1 Taman y dan Kepala Sekolah SMP Satu Atap setempat.

Mas Habi menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Lampung Selatan tersebut, “gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan gerakan yang sederhana namun sangat bermanfaat guna menghindari penyakit diare selain itu kita juga harus memperhatikan Sanitasi Sekolah untuk mendukung gerakan tersebu, untuk itu saya menyambut baik kegiatan ini”, katanya.

Selain itu Mas Habi juga mengapresiasi TP PKK yang juga telah turut mengkampanyekan penggunaan Tumbler (wadah air minum), hal tersebut seiring dengan Program Pemerintah untuk mengurangi penggunaan gelas plastik yang berakibat bertambahnya sampah plastik yang suilt terurai.

“Saya mengapresiasi Tim Penggerak PKK yang selama ini saya lihat turut mengkampanyekan penggunaan Tumbler, dengan demikian TP PKK juga turut mensukseskan Program Pemerintah tentang mengurangi penggunaan plastik. Seperti kita tahu, sampah plastik sangat sulit dan membutuhkan proses lama untuk terurai secara alami oleh alam”, ujar Mas Habi.

Winarni Nanang Ermanto selaku Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan mengapresiasi kegiatan tersebut, “saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan melalui terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam upaya penurunan angka kematian anak-anak akibat penyakit diare yang timbul karena kurangnya akses pada air bersih, sarana sanitasi dan sarana cuci tangan”, tuturnya.

Winarni juga menghimbau kepada siswa-siswi untuk membiasakan diri sejak dini mencuci tangan menggunakan sabun setelah berbagai macam kegiatan disekolah maupun lainnya.

“Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat, dimana perilaku sederhana ini bisa melindungi peserta didik dari penyakit seperti diare dan gangguan saluran pernafasan. Oleh karena itu, saya menghimbau pada kita semua agar melakukan kegiatan bersama cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir setelah melakukan beberapa kegiatan di sekolah, diluar sekolah maupun di rumah”, himbau Winarni.

Menutup arahannya Winarni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun, “mari bersama-sama kita jadikan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini, sebagai salah satu upaya untuk mendorong dan mendukung budaya mencuci tangan secara global dan lokal di Kabupaten Lampung Selatan”, pungkasnya.

Last modified: 23/10/2019

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber