Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

APKASI Otonomi Expo Tahun 2021, Stand Lamsel Ramai Pengunjung

20/10/2021

JAKARTA – Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM hadiri Acara Pembukaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo Tahun 2021 Secara Hybrid oleh Presiden RI dari Istana Negara, Rabu (20/10/2021).

Berlokasi di Pre Function Hall A – Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Presiden Joko Widodo secara resmi membuka kegiatan APKASI Otonomi Expo 2021 tersebut.

Mengawali sambutannya, Presiden menyampaikan apresiasi atas inisiatif Apkasi untuk segera menggerakkan perekonomian daerah melalui penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2021 ini.

“Saya menyambut baik diselenggarakannya Otonomi Expo 2021 yang diselenggarakan oleh Apkasi ini. Ini merupakan ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama, memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah, dan sekaligus juga memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain, termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru,” ujar Presiden.

Presiden meminta jajaran Apkasi untuk memanfaatkan potensi pasar ekspor yang dinilainya masih terbuka lebar seiring dengan mulai pulihnya perekonomian di negara mitra dagang Indonesia. Tiongkok mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,9 persen, Amerika Serikat 12,2 persen, Jepang 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen.

“Peluang ini yang harus kita manfaatkan untuk mendorong komoditas kita, produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut,” imbuhnya.

Pertumbuhan ekspor Indonesia terlihat dari nilai ekspor nasional yang mencapai 142 miliar Dolar AS pada periode Januari-Agustus 2021.

“Artinya ekspor kita tumbuh sangat bagus sekali, 37,7 persen year on year. Hampir semua negara sekarang ini membutuhkan komoditas-komoditas kita sehingga jangan sampai ada daerah yang justru menghambat, membuat ruwet perizinan, tidak mendorong agar ekspor kita bisa berkembang dengan baik,” ujar Kepala Negara.

Gelaran Apkasi Otonomi Expo 2021 dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 22 Oktober 2021 mendatang dengan Kegiatan yang disuguhkan antara lain pameran dan forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para pelaku usaha atau calon investor.

Turut mendampingi Sekdakab Lamsel, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, S.Sos, MM , Asisten Adum Badruzzaman, S.Sos, M.M , Kadis Ketahanan Pangan Ir. Yansen Mulia, M.P., dan para kepala OPD Lamsel Lainnya.

Dilokasi terlihat pula Stand Lampung Selatan cukup ramai Pengunjung yang diantaranya dikunjungi oleh Dirjen Otonomi Daerah Drs. Akmal Malik M.Si. dan Rombongan dari Mendagri. (Rk)

Last modified: 20/10/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber