Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Komitmen TPPS Lampung Selatan Dalam Percepatan Penurunan Stunting Melalui Roadshow Swasembada Gizi

09/08/2022

WAY PANJI, Diskominfo Lamsel- Hari ke-15 kegiatan Roadshow Swasembada Gizi sebagai salah satu percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan digelar Gedung Olahraga Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji, Selasa (09/8/2022).

Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Rikawati melaporkan, kegiatan Road Show tersebut bertujuan sebagai akses kordinasi serta wadah, bagi para kader Kecamatan dan Desa/Kelurahan dalam memonitoring gerakan swasembada gizi.

“Ini adalah wadah kita untuk memastikan program-program swasembada gizi ditingkat Kecamatan dan Desa berjalan dengan baik, sehingga hasil yang didapatpun sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya.

Sementara, Camat Way Panji Lutfi Martadinata Hedijaya menyampaikan, guna mengurangi resiko stuting dini sekaligus untuk meningkatkan perekonoin mandiri warga di Kecamatan Way Panji salah satunya dengan pemanfaatan lahan perkarangan yakni mengembangkan sayuran organik.

“Kami sedang mengembangkan program pencegahan stunting di Kecamatan Way Panji mengunakan ” LAPAK CETINI” (Layanan Terpadu Kecamatan Cegah Stunting Sejak Dini ),” jelasnya.

“Dan juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader, kami melakukan pelatihan berupa, pelatihan pendampingan kepada sasaran, pelatihan DASYAT (Dapur Sehat Atasi Stunting), pelatihan pencatatan dan pelaporan oleh Kader Posyandu, TPK Dan Kader Lainnya,” terangnya lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiyansyah mengungkapkan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan yang pada tahun 2013 mengalami lonjakan kasus sebanyak 43%.

“Namun dengan semangat kita bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang diketuai langsung oleh Ibu Winarni Nanang Ermanto kini pada tahun 2022, Alhamdulillah kasus stunting kita di Lampung Selatan sudah menunjukkan angka yang sangat menurun yakni 16%,” tuturnya.

Sementara, Ketua TPPS Kabupaten Lampung Selatan yang juga Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto memberikan arahan kepada para peserta roadshow untuk terus saling berkordinasi dan bekerja sama dalam meningkatkan kapasitas dan berupaya menurunkan angka stunting di wilayahnya masing-masing.

Selain memberikan materi tentang strategi penurunan stunting, Winarni juga ikut mengisi acara dengan materi revolusi mental, wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air. (kmf)

179total visits,1visits today

Last modified: 09/08/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber