Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ingin Menghabiskan Waktu Liburan Akhir Tahun? Berikut 7 Tempat Wisata Terindah Di Kabupaten Lampung Selatan

28/10/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Kabupaten Lampung Selatan memiliki beragam tempat wisata alam serta kuliner yang menjadi daya tarik pengunjung. Lokasinya yang berada di ujung Pulau Sumatera menjadikan wisata-wisata ini kerap dituju para wisatawan dari berbagai daerah.

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat liburan bersama keluarga, pasangan ataupun teman. Berikut merupakan 7 tempat wisata terindah di Kabupaten Lampung Selatan dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

1. Pantai Minang Rua
Pantai Minang Rua merupakan destinasi wisata paket lengkap yang paling direkomendasikan di Kabupaten Lampung Selatan.

Bukan hanya menyuguhkan keindahan pantai, di tempat wisata ini kamu juga bisa menikmati berbagai spot wisata alam lainnya, seperti Green Canyon, Taman Bawah Laut, Air Terjun Jamara, Air Terjun Khaja Saka, Wisata Camping (berkemah) Batu Alif, Goa Lalay dan Spot Jumping.

Pantai Minang Rua kerap kali menjadi persinggahan penyu-penyu ketika bermigrasi untuk bertelur. Oleh karenanya, Pantai Minang Rua juga mempunyai penangkaran penyu di sekitar pantai. Bahkan, pada saat musim penyu bertelur, Pokdarwis akan berjaga malam untuk menyelamatkan telur-telur tersebut.

Berlokasi di desa Klawi Kecamatan Bakauheni berjarak sekitar 6 kilometer dari pelabuhan Bakauheni atau dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit, dan berjarak sekitar 92 kilometer dari Bandar Lampung atau waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Perjalanan menuju ke pantai ini dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua dan juga roda empat. Namun,  selama di perjalanan wisatawan harus berhati-hati karna akan melewati jalan yang sempit, berkelok dan cukup terjal seperti turunan dan tanjakan.

Untuk harga tiket masuk  pantai ini dikenakan biaya Rp. 5000/orang. Kemudian tiket parkir kendaraan motor Rp. 10.000/motor dan Rp.20.000/mobil. Para pengelola juga menawarkan price list wisata dengan menyiapkan include tour guide dan penawaran lainnya yang tentunya ramah di kantong.

2. Pulau Mengkudu

Pulau Mengkudu merupakan destinasi wisata yang menawarkan sejuta janji eksotisme keindahan wisata bahari. Lokasinya yang sejuk dan jauh dari pemukiman warga, membuat wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi rehat dari hiruk pikuk kehidupan.

Untuk menikmati keindahan wisata yang berlokasi di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, pengunjung hanya dikenakan tarif tiket masuk Pulau Mengkudu  sebesar Rp.10 ribu saja perorangnya.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, dapat diakses melalui dua cara. Yakni melalui darat dan laut. Melalui darat anda bisa melewati desa totoharjo kecamatan Bakauheni.

Sedangkan jika melalui laut, bisa naik perahu dari berbagai pantai, mulai dari Pantai Kunjir, Pantai Kahai, dan Pantai Belebuk. Tentunya dengan tarif transport yang berbeda-beda, mulai dari Rp.25 ribu hingga Rp.30 ribu.

Untuk mencapai ke Pulau Mengkudu, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 45 Menit dari Pelabuhan Bakauheni. Sedangkan, dari Kota Kalianda butuh waktu sekitar 1 jam saja.

3. Air Terjun Way Kalam
Bagi kamu pecinta wisata adrenalin, harus banget mengunjungi Air Terjun Way Kalam yang berlokasi di kaki Gunung Rajabasa, Desa Way Kalam, Kecamatan Penegahan, Kabupaten Lampung Selatan.

Penatnya perjalanan menuruni anak tangga pun terbayar pemandangan pepohonan dan bebatuan tebing sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, suara tonggeret yang saling bersahutan pun menambah suasana perjalanan lebih menyatu dengan alam.

Untuk mencapai destinasi wisata air terjun Way Kalam, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Kalianda. Sedangkan, jika ditempuh dari Kantor Balai Desa Way Kalam hanya berjarak 3 kilometer. Sementara, jarak dari air terjun Indukan ke air terjun Anakan hanya berkisar 1 kilometer.

Dari desa Way Kalam, perjalanan kamu akan dilanjutkan menuju air terjun (loket) dengan tetap mengendarai kendaraan selama kurang lebih 15 menit dengan jarak 1,5 km. Setelah kamu membayar tiket masuk, kamu harus berjalan menuju air terjun dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menit atau sekitar 200 meter.

Menyusuri jalan setapak menurun yang cukup terjal cukup menguras tenaga kamu. Tapi jangan khawatir, jalan setapak ini telah dibangun dengan susunan kayu yang menyerupai anak tangga yang menjaga pengunjung air terjun Way Kalam sehingga tidak tergelincir saat menuju objek wisata tersebut.

Harga tiket masuk air terjun Way Kalam tergolong sangat terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp.5.000/orang. Disana terdapat pula tempat parkir untuk kendaraan roda empat, dengan biaya parkir sebesar Rp.20.000 dan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp.5.000. Dengan budget yang tergolong murah ini kamu sudah bisa menikmati destinasi wisata air terjun ini.

Penasaran dengan 4 destinasi wisata indah lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan? Simak terus website resmi kami di laman www.lampungselatankab.go.id. Disini kamu akan menemukan berbagai rekomendasi objek wisata yang bisa kamu kunjungi kedepannya. (Kominfo).

Bersambung …………….

209total visits,1visits today

Last modified: 28/10/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber