Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kadis PMD Lampung Selatan Erdiansyah Terus Dorong Desa Gali Dan Kembangkan Potensi Wisata

15/01/2023

RAJABASA, Diskominfo Lamsel – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiansyah mendorong desa-desa di Lampung Selatan, untuk terus menggali potensi-potensi wisata yang ada di daerah agar bisa menjadi sumber pendapatan asli desa.

Hal ini dibuktikan Erdiansyah dengan meninjau secara langsung kegiatan gotong royong pembukaan akses jalan ke air terjun yang berlokasi di Desa Canti Kecamatan Rajabasa, pada Minggu (15/1/2023). Air terjun ini rencananya akan dijadikan sebagai spot wisata alam baru dengan nama Air Terjun Pedagan.

Menurut Erdiansyah, banyak potensi wisata alam di desa-desa yang terdapat di Lampung Selatan yang luar biasa indahnya. Namun, hal tersebut belum dimanfaatkan dan dikelola secara baik oleh masyarakat sekitar.

Oleh karenanya, Dinas PMD Lampung Selatan akan terus mendorong serta menggerakkan pemerintahan desa dan masyarakat setempat, untuk bersama-sama mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayah masing-masing.

“Dinas PMD terus mendorong desa-desa untuk bergeliat di 2023 ini, sebagaimana diketahui pada tahun 2022 ada 10 desa wisata prioritas, di 2023 ini kita berharap semakin bertambah desa-desa yang berfokus pada pengembangan desa wisata,” ujar Erdiansyah.

Selain berfokus pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor wisata dan UMKM, Erdiansyah mengungkapkan, prioritas program desa pada tahun 2023 tetap pada Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim.

Melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dengan penganggaran BLT DD minimal 10 persen dan maksimal 25 persen. Kemudian, ketahanan pangan minimal 20 persen, pengembangan BUMDes, Desa Wisata dan Desa Digital.

“Program-program tersebut nantinya dapat mempromosikan produk UMKM dan wisata, penuntasan stunting serta pengentasan angka putus sekolah untuk meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Sehingga desa-desa dapat berkembang IDM nya (Indeks Desa Membangun) dari desa berkembang ke desa maju bahkan Desa mandiri kedepannya,” ungkapnya lebih lanjut.

Sementara, Kepala Desa Canti Zahidin mengatakan, akan berkomitmen untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya, baik itu pada sektor pariwisata maupun UMKM. Bentuk komitmen itu pun dibuktikan oleh Zahidin bersama dengan aparatur desa dan warga setempat, dengan membuka destinasi wisata baru air terjun Pedagan.

Selain memiliki 6 air terjun dengan ketinggian 20 meter, 40 meter, 60 meter dan 100 meter, dirinya menyebut, Desa Canti juga memiliki berbagai objek wisata lainnya yang sudah terkenal, seperti Pantai Canti, Pemandian Mata Air Way Biyah dan akses pelabuhan menuju Pulau Sebesi dan Gunung Krakatau dan yang tak kalah menarik adalah Situs Benteng Pala dan Benteng Hawi Bekhak.

“Aparatur desa dan warga sudah 3 bulan berjalan bergotong royong membuka akses menuju air terjun Way Pedagan yang berada di lereng Gunung Rajabasa. Ditargetkan pada Hari Raya Idul Fitri 2023 sudah dapat dibuka untuk umum. Akses sampai lokasi bisa menggunakan sepeda motor dan roda empat sampai di lahan parkir yang sedang dpersiapkan,” kata Zahidin.

Sedangkan pada sektor UMKM, kata Zahidin, pihaknya akan mengembangkan Gerai UMKM yang terdapat di Pelabuhan Canti. Dengan berbagai pesona wisata alam yang dimiliki desanya, dirinya yakin akan mempermudah dalam mempromosikan produk-produk UMKM yang ada.

Apalagi ditambah dengan festival seni budaya tahunan Desa Canti yaitu Festival Rudat yang digelar setelah Hari Raya Idul Fitri, tentunya akan lebih memperkaya khazanah wisata desa.

“Termasuk gerai UMKM di Pelabuhan Canti, sehingga Desa canti dapat menjadi Desa Wisata. Hal ini sejalan dengan arahan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto terkait penggalian potensi-potendi desa, karena mengandalkan dana desa akan membuat desa terbatas, harus ada objek pemasukan pendapatan desa. (ptm).

Last modified: 15/01/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber