Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Air Terjun Way Tumbai, Wisata Tersembunyi Desa Kunjir Yang Masih Asri Dan Wajib Dikunjungi

23/12/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Destinasi wisata  di Lampung Selatan tidak hanya terkenal dengan pesona pantai, budaya dan tradisi unik, juga memiliki banyak pesona wisata alam.

Salah satunya adalah wisata Air Terjun Way Tumbai yang terletak di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, tepatnya dibawah kaki Gunung Rajabasa.

Air Terjun Way Tumbai memiliki keindahan yang alami dengan ketinggian sekitar 10 meter. Suasana perkebunan dengan isi berbagai macam tanaman seperti, cengkeh, pohon durian, dukuh dan juga tanaman bambu menjadi nilai tambah kesejukan dalam perjalanan menuju wisata air terjun tersebut.

Air Terjun Way Tumbai ini masih sangat asri, alamnya juga masih sangat bagus. Aliran air terjun Way Tumbai sangat jernih bahkan pada saat turun hujan sekalipun alirannya tetap jernih.

Tak hanya itu, disekitaran air terjun way tumbai yang berjarak sekitar 50 meter, terdapat air panas (geotermal) atau sering disebut GEOWISATA yang suhu panasnya mencapai 100°c menurut hasil penelitian di tahun 2012.

Dalam bahasa Lampung nama air terjun way tumbai berasal dari kata way (air) dan tumbay yang berarti dahulu, jadi dapat diartikan air terjun way tumbai adalah air terjun yang ada sejak dahulu.

Pengelolaan air terjun ini masih dilakukan oleh warga setempat yang tergabung di dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan warga yang memiliki kebun disekitaran daerah tersebut.

Untuk mencapai ke air terjun Way Tumbai tergolong mudah dan tidak begitu ekstrim, pengunjung harus menempuh jarak 18,5 kilometer dari pusat kota Kalianda. Rute untuk menuju ke air terjun Way Tumbai dari jalan raya menuju ke lokasi, berjarak sekitar 1.500 meter dengan waktu tempuh sekitar 30 menit untuk pejalan kaki.

Tak perlu khawatir, untuk pengguna roda dua pun bisa melawati rute perjalanan tersebut, namun pengunjung harus ekstra hati-hati.

Wisata air terjun Way Tumbai Desa Kunjir ini masih tahap pembangunan sejak tahun 2020, mulai dari dibukanya badan jalan (land clearing), pembangunan gorong-gorong dan jembatan sebanyak 10 unit. Kemudian, pada tahun yang  mendatang akan dibangun jalan rabat beton seluas kurang lebih 3 meter guna mempermudah akses jalan.

Untuk menikmati keindahan air terjun way tumbai masih gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Namun, fasilitas pendukung disana juga masih seadanya. Jadi tunggu apa lagi, yuk berwisata ke air terjun way tumbai sekarang juga!

Simak terus update informasi seputar wisata di Kabupaten Lampung Selatan bersama kami disetiap pekannya di hari Jum’at. (Rhm).

Bersambung ……..

Last modified: 23/12/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber