Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ketua Dekranasda Lampung Selatan Buka Kegiatan Pelatihan Tapis Inuh Dan Sulam Tapis

13/04/2023

Diskominfo Lamsel, KALIANDA – Ketua Dewan kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto membuka kegiatan Pelatihan Tapis Inuh dan Sulam Tapis se-Lampung Selatan, Kamis (13/04/2023).

Berlangsung di Aula Agrowisata Kalianda kegiatan itu dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerja sama dengan Dekranasda Lampung Selatan dengan jumlah peserta 65 orang.

Dharmawan, selaku Kepala Dinas Pariwisata melaporkan, diadakannya kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memberikan peningkatan kapasitas kepada para pelaku usaha dan juga kelompok kelompok pengrajin.

“Ini upaya memberikan peningkatan kapasitas para kelompok pengrajin agar mampu mengembangkan produknya,” ujarnya.

Dharmawan juga menyampaikan, para peserta pelatihan diharapkan dapat mengembangkan keahliannya dalam membuat produk produk yang lebih baik dan dapat menarik perhatian para wisatawan.

“Diharapkan para peserta mampu membuat produk produk yang lebih baik dan dapat menarik perhatian para wisatawan,” ucapnya.

Turut serta menghadiri kegiatan tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Lampung Selatan Hendra Jaya.

Pada kesempatan itu, Winarni dalam sambutannya memgucapkan terima kasih dan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk memajukan produk kerajinan umkm dan juga pariwisata.

“Saya sangat aprsiasi dan berterima kasih kepada pemerintah daerah yang turut serta mendukung kemajuan produk kerajinan lokal,” kata Winarni.

Winarni juga menyampaikan, kegiatan itu sangat penting sebagai peningkatan SDM yang berujung pada peningkatan kualitas Kain Inuh dan Kain Tapis. Dengan harapan setelah kegiatan ini para pelaku usaha dan perajin mendapatkan hasil positif untuk mengembangkan dan mempromosikan khususnya kain inuh yang menjadi ikon khas milik Lampung Selatan.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini pelaku usaha dan perajin dapat mengembangkan dan mempromosikan khususnya kain inuh yang menjadi ikon khas milik Lampung Selatan,” harapnya.

Winarni juga menungkapkan, motif yang ada di kain inuh tidak hanya dalam kain namun bisa diterapkan di berbagai souvenir dan kerajinan lainnya.

“Motif yang ada di Kain inuh ini bisa juga dibuat di kerajinan lainnya seperti gantungan kunci, tas dan sebagainya,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Winarni meminta, kepada dinas terkait untuk melakukan evaluasi dan monitoring kepada kelompok-kelompok yang memiliki potensi untuk mengembangkan produknya agar bisa disuport dan didukung Pemerintah daerah.

“Nanti tolong di monitoring ya pak. Dilihat kelompok mana saja yang memiliki potensi, untuk nanti di suport dan dibantu promosi produknya,” pintanya. (*)

Last modified: 13/04/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber