Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kabupaten Lampung Selatan Punya Tugu Pancasila, Simbol Keberagaman Suku, Adat, dan Budaya

18/06/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Tugu Pancasila menjadi ikon baru yang estetik di Kabupaten Lampung Selatan. Tugu ini menjadi sorotan karena berada di tengah-tengah kota, dan menjadi gerbang masuk utama menuju Kota Kalianda dari Jalan Lintas Trans Sumatera.

Tugu Pancasila yang mengusung Semboyan Bhinneka Tunggal Ika didedikasikan untuk masyarakat Kabupaten Lampung Selatan yang dikenal memiliki keberagaman suku, adat dan budaya, serta kesenian tradisional lainnya.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang menyampaikan, Tugu Pancasila dibangun sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Lampung Selatan.

Pasalnya, selain sebagai simbol keberagaman, Tugu Pancasila juga akan dijadikan sebagai tempat anak-anak muda Lampung Selatan menyalurkan bakat seni dan budaya.

“Tugu Pancasila bukan hanya memperelok Kota Kalianda, tapi juga sebagai sarana adu kreativitas. Saya  persilahkan semua masyarakat yang ingin tampil menunjukkan bakatnya disini,” ujar Nanang saat meresmikan Tugu Pancasila, Minggu sore (18/06/2023).

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, dengan adanya pertunjukkan seni budaya, live music, serta berbagai performance seni tradisional lainnya, diharapkan memberikan multiplier effect terhadap bangkitnya sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah.

Nanang juga mengatakan, sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera, Kabupaten Lampung Selatan mempunyai banyak potensi unggulan. Sebab itu, sebagai masyarakat asli daerah, sudah sepantasnya untuk menggali potensi dan mempromosikannya lebih luas.

“Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi yang sangat luar biasa. Sebagai daerah lintasan Pulau Jawa dan Sumatera, ini lah yang harus kita tangkap di era globalisasi. Jangan sampai kita jadi penonton di daerah kita sendiri,” kata Nanang.

Sementara itu, pada acara peresmian Tugu Pancasila di depan Kantor Pengadilan Agama, Kabupaten Lampung Selatan itu, turut dimeriahkan dengan tarian nusantara, pameran lukisan, musik performance, puisi teater, dan tari tradisional binaan Dewan Kesenian Lampung Selatan.

Tak hanya itu, terdapat pula vokalis band papan atas yakni Roy Jeconiah (Boomerang) dan Krisyanto (Jamrud) yang turut meramaikan peresmian itu sekaligus menghibur masyarakat Kabupaten Lampung Selatan. (ptm-kominfo)

Last modified: 18/06/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber