Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Duta Swasembada Gizi Jadi Pemateri Dalam Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan Di Kecamatan Katibung

04/09/2023

Diskominfo Lamsel, KATIBUNG – Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto memberikan materi dalam kegiatan Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan di Kecamatan Katibung, Senin (04/09/2023).

Bertempat di Desa Tanjung Ratu Kecamatan Katibung menjadi Kecamatan ketiga dari rangkaian Roadshow yang akan dilaksanakan di 17 Kecamatan se-Lampung Selatan.

Kepala Dinas Dalduk dan KB Rika Wati dalam melaporkan, tujuan diadakannya Roadshow untuk mengetahui capaian dan tantangan dalam penurunan stunting di lapangan juga Pendampingan,advokasi dan kampanye pembangunan Sumber Daya Manusia secara berkelanjutan.

“Roadshow ini dilaksanakn untuk mengetahui capaian dan tantangan dalam penurunan stunting di lapangan sekaligus pendampingan,advokasi dan kampanye pembangunan Sumber Daya Manusia secara berkelanjutan di Lampung Selatan,” imbuhnya.

Rika juga mengatakan, lewat kegiatan tersebut diharapkan saran dan usulan dari pelaksana kegiatan dilapangan bisa diwujudkan untuk generasi unggul di Lampung Selatan.

“Lewat kegiatan ini juga diharapkan saran dan usulan dari pelaksana kegiatan dilapangan bisa diwujudkan untuk generasi unggul di Lampung Selatan,” ungkap Rika.

Rika menambahkan, bahwa Lampung Selatan baru saja mendapatkan Apresiasi dari BKKBN Provinsi Lampung karena pelaksanaaan pendampingan kepada keluarga oleh para kader.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh seluruh kader TPK Kecamatan, kader Kesling,Posyandu, KWT, para guru PAUD, SD, SMP juga kepala Sekolah serta Ibu hamil dan menyusui.

Abdul Rahman selaku Camat Katibung melaporkan, dalam upaya penurunan kasus Stunting di Kecamatannya melakukan kegiatan prioritas yaitu, penyediaan data keluarga beresiko Stunting, pendampingan keluarga beresiko, pendampingan calon pengantin, dan audit kasus stunting.

“Kami di kecamatan Katibung dalam upaya penurunan kasus Stunting di Kecamatannya melakukan kegiatan prioritas yaitu, penyediaan data keluarga beresiko Stunting, pendampingan keluarga beresiko, pendampingan calon pengantin, dan audit kasus stunting,” katanya.

Rahman juga menyebutkan, pada tahun 2019 angka stunting di Kecamatan Katibung berjumlah 273 kasus dan pada tahun 2023 ini menurun menjadi 63 kasus.

“Di Kecamatan Katibung sudah mengalami penurunan kasus Stunting, dimana tahun 2019 mencapai 273 kasus dan tahun 2023 ini menurun diangka 63 kasus,” ungkap Rahman.

Dirinya juga mengungkapkan, semua UPT yang ada di Kecamatan Katibung semua melakukan inovasinya masing masing dalam upaya menurunkan dan menuntaskan Stunting.

Sementara itu, Winarni dalam arahannya menyampaikan untuk mewujudkan proyek yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan butuh Kolaborasi yang kuat dari semua lintas sektor.

“Untuk mewujudkan proyek Cetak Generasi Unggul yang sedang kita laksanakan di Kabupaten Lampung Selatan ini butuh Kolaborasi yang kuat dari semua lintas sektor,” kata Winarni.

Winarni menambahkan, pelaksanaan roadshow tersebut jangan hanya sekedar seremoni tetapi benar benar dilakukan gerakan gerakan yang sudah direncanankan.

“Gerakan gerakan yang disampaikan pada kegiatan ini jangan hanya sekedar seremoni tetapi harus dilakukan dan diterapkan,” tambahnya.

Menurut Winarni,.Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan ini adalah suatu Investasi jangka panjang yang akan dirasakan di masa mendatang.

Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan itu mengungkapkan bahwa anak anak adalah Investasi yang harus disiapkan untuk menjadi pemimpin dan generasi penerus di masa depan.

“Proyek yang sedang dikerjakan ini adalah Investasi jangka panjang yang akan dirasakan di masa mendatang dan anak anak adalah Investasi yang harus disiapkan untuk menjadi pemimpin dan generasi penerus di masa depan,” ujarnya.

Selain itu, dirinya mengatakan, kegiatan Roadshow itu juga menjadi ajang bagi para kader kader yang hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Kegiatan ini juga sangat penting untuk dilaksanakan agar para kader ini bisa menambah wawasan dan pengetahuannya,” kata Winarni.

Dirinya menambahkan gerakan gerakan tersebut dilaksanakan secara bergotong royong dan kebersamaan sesuai dengan arahan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

“Gerakan gerakan yang kita lakukan ini dilaksanakan dengan kebersamaan dan gotong royong sesuai dengan arahan yang selalu dikatakan pak Bupati kita Bapak Nanang Ermanto,” tambahnya.

Winarni menyambut baik apa yang dilakukan Kecamatan Katibung dalam rangka upaya penuntasan Stunting bekerja sama mengedepankan gotorng royong dengan semua UPT juga pihak swasta.

“Saya menyambut baik dan berterima kasih kepada Kecamatan Katibung apa yang dilakukan dalam rangka upaya penuntasan Stunting bekerja sama mengedepankan gotorng royong dengan semua UPT juga pihak swasta,” imbuhnya.

Tidak lupa dalam kesempatan Winarni berterima kasih kepada kader yang terus melaksanakan tugas dilapangan untuk membantu mewujudkan Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan.

Menurutnya Kader TPK yang langsung bersentuhan dengan keluarga beresiko ini adalah garda terdepan untuk mewujudkan Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan ini.

“Saya berterima kasih kepada para kader kader yang terus bertugas di lapangan, karena kader ini adalah garda terdepan untuk mewujudkan Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan ini,” ungkap Winarni.

Dilaksanakan juga penyerahan sertifikat penghargaan dan bantuan oleh Ketua TPPS Lampung Selatan Winarni didampingi para pejabat yang hadir. (*)

Last modified: 04/09/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber