Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Sambangi Lampung Selatan, TP PKK Kabupaten Kampar Sharing Program PKK

13/12/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan sekaligus melakukan sharing program PKK di bumi Khagom Mufakat.

Kedatangan TP PKK Kabupaten Kampar yang dipimpin Pj Ketua TP PKK Yusi Prastiningsih Firdaus disambut langsung Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta jajaran, di Aula Krakatau, kantor bupati setempat, Rabu (13/12/2023).

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Yusi Prastiningsih Firdaus berharap, pihaknya bisa menggali dan mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya dari Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang telah memberikan sambutan yang luar biasa. Kami juga merasa bangga, dari seluruh kabupaten yang pernah kami kunjungi, baru ini yang menyambut secara lengkap,” ujarnya.

Mewakili Bupati Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin mengucapkan selamat datang kepada Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Provinsi Riau beserta rombongan.

Thamrin berharap, berharap momentum kunjungan kerja itu akan menguatkan ikatan silaturahmi dan dapat meningkatkan jalinan kerja sama antara TP PKK kedua daerah.

Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, bahwa pemerintah daerah bersama TP PKK dan stakeholder terkait telah menjalankan program-program unggulan yang telah menjadi prioritas untuk dijalankan, diantaranya adalah Gerakan Swasembada WC dan Swasembada Gizi.

“Seperti proyek cetak generasi unggul yang menjadi salah satu target pembangunan di  Lampung Selatan. Dimana, proyek ini merupakan konsolidasi berbagai upaya peningkatan sumber daya manusia Lampung Selatan,” ujar Thamrin.

Menurut Thamrin, misi proyek cetak generasi unggul Lampung Selatan adalah menyiapkan generasi unggul Kabupaten Lampung Selatan yang sehat, cerdas dan berkarakter Indonesia.

“Caranya dengan memperkuat integritas, perencanaan dan penganggaran serta memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak dalam mencapai target pembangunan sumber daya manusia,” kata Thamrin.

Dikesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan sekaligus Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto memaparkan program-program yang telah dilakukan Kabupaten Lampung Selatan.

Winarni bilang, upaya percepatan pencegahan dan penurunan stunting di daerahnya terus berkembang yang didasarkan dengan isu pembangunan nasional dan kebutuhan daerah.

“Sampai saat ini Kabupaten Lampung Selatan masih terus berjuang untuk bisa mencapai target angka prevalensi stunting di tahun 2024 diangka 5%. Berdasarkan survei kesehatan nasional saat ini prevalensi stunting Lampung Selatan di angka 9,9%,” ujar Winarni.

Menurut Winarni, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tidak hanya sekedar menjalankan amanat pemerintah pusat saja, namun bupati memberikan penekanan untuk ditanggapi secara serius dan dikembangkan sesuai dengan kondisi daerah.

“Sehingga lahirlah gerakan swasembada-swasembada di Kabupaten Lampung Selatan yang menjadi prioritas pembangunan daerah,” kata Winarni.

Lebih lanjut Winarni menyampaikan, gerakan swasembada menjadi pilihan kata untuk gerakan di Kabupaten Lampung Selatan. Menurutnya, makna filosofi dari swasembada adalah kebersamaan atau gotong royong, orientasi kepada target dan kepercayaan diri, yang sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemerintahan di Lampung Selatan.

“Semoga upaya yang kita lakukan bersama ini dapat memberikan manfaat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah kita masing-masing,” kata Winarni. (lmhr/Nsy)

Last modified: 13/12/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber