Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Anggaran Pembangunan 2024 Kecamatan Merbau Mataram Naik Rp4 Miliar

01/02/2024

DISKOMINFO LAMSEL, Merbau Mataram – Anggaran pembangunan di Kecamatan Merbau Mataram tahun 2024 naik sekitar Rp4 miliar. Dimana pada tahun 2023 Kecamatan Merbau Mataram mendapat alokasi anggaran pembangunan sebesar Rp22.473.898.815.

Kepastian itu disampaikan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Merbau Mataram dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Mengusung tema “Pembangunan Inklusif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, Musrenbang berlangsung di Kantor Kecamatan Merbau Mataram, Kamis (1/2/2024).

Pada kesempatan itu, Nanang Ermanto mengatakan, tambahan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk program-program prioritas yang akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM).

“Kucuran dana untuk Kecamatan Merbau Mataram pada tahun anggaran 2024 bertambah senilai Rp4 miliar,” kata Nanang Ermanto dalam sambutannya.

Nanang juga mengingatkan, bahwa usulan pembangunan tidak hanya infrastruktur saja. Namun menurutnya, usulan yang diprioritaskan harus mengutakamakan asas manfaat.

“Disinilah kuncinya. Apa yang harus kita bangun untuk mensejahterakan desa. Gali UMKM dan pariwsata untuk pertumbuhan ekonomi desa. Ini yang harus kita kejar, lihat potensi desanya apa. Percuma infrastruktur baik, tapi pertumbuhan ekonominya tidak baik,” imbuh Nanang.

Sementara itu, Camat Merbau Mataram Heri Purnomo menyampaikan, pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2025, pihaknya masih memprioritaskan usulan pembangunan infrastruktur peningkatan akses jalan.

Diantaranya, peningkatan jalan hotmix dari Pasar Suban sampai dengan Mekar Jaya, peningkatan jalan hotmix Simpang Tanjung Rame sampai dengan Desa Baru Ranji.

Kemudian peningkatan jalan hotmix Desa Panca Tunggal sampai dengan Dusun Stap Desa Triharjo, dan peningkatan jalan hotmix Suban sampai dengan Pardasuka Kecamatan Katibung.

Selanjutnya, ada peningkatan jalan hotmix jalan lingkar Balai Desa Batu Agung 2 kilometer, serta peningkatan jalan hotmix Desa Tanjung Harapan sampai dengan Batu Agung.

“Lalu peningkatan jalan hotmix Dusun Sidomulyo Desa Panca Tunggal 1,8 km, serta peningkatan jalan hotmix Desa Karang Jaya sampai dengan Desa Baru Ranji 2,5 km,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Heri Purnomo juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lampung Selatan yang telah mempercepat realisasi pembangunan di wilayahnya.

Seperti pembangunan rehab berat Kantor Kecamatan Merbau Mataram dan pembangunan jalan utama dari pasar Jati Baru Tanjung Bintang sampai dengan Desa Tanjung Baru.

“Alhamdulillah kami mengusulkan rehab kantor tahun 2024 tapi dibangun tahun 2023. Jalan utama dari pasar Jati Baru Tanjung Bintang sampai dengan Desa Tanjung Baru juga terealisasi di tahun 2023. Terima kasih pak bupati,” ucap Heri Purnomo. (ptm)

Last modified: 01/02/2024

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber