Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Lampung Coastal Cleanup Day, Plt. Bupati Dan Masyarakat Tanam Pohon Dan Bersih Lingkungan

16/09/2018

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto bersama PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan ratusan masyarakat melakukan aksi bersih-bersih pantai dan tanam pohon.
Acara yang dilaksanakan di sepanjang Pantai Tanjung Beo, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, pada Minggu (16/9/2018), merupakan bagian dari peringatan Lampung Coastal Cleanup Day.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan yang diprakarsai Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort bersama dengan Forum CSR Lampung itu, diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai komunitas dan organisasi yang ada di Provinsi Lampung.
Diantaranya, Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia (Persaki), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Forum Pendidik Sukanegara, Radio Antar Penduduk Indonesia, Karang Taruna, Pramuka Saka Bahari, Rimbawan, Centra Pertiwi Bahari.
Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Forum CSR Lampung Dr. Saptarini, MH, GM PT CCAI Teguh Widodo, Ketua Apindo Efendy, serta sejumlah pejabat Pemkab Lamsel.
General Manager (GM) Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort, Dwi Prasetyo mengungkapkan, Kabupaten Lamsel memiliki berbagai potensi wisata pantai yang sangat indah.
Untuk itu, dia berharap, kesadaran masyarakat dan para pelaku usaha untuk dapat menjaga dan menciptakan kawasan wisata pantai yang bersih.
Sebab menurutnya, bila dikelola dengan baik, potensi itu dapat menjadi destinasi wisata yang tak kalah dengan Bali. “Program ini (bersih pantai, red), akan kami lakukan secara berkesinambungan,” kata Pras sapaan akrabnya.
Sementara, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto yang membuka kegiatan itu mengatakan, kesadaran masyarakat di kawasan wisata, khususnya pantai, dirasa masih kurang.
Oleh karena itu, dia berharap, upaya membangun kesadaran masyarakat untuk peduli wisata harus mulai dibangun dari tingkatan yang paling kecil dimasing-masing individu.
“Sehingga, pada akhirnya dapat membentuk kelompok atau masyarakat yang lebih besar, dan memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan maupun pengelolaan pariwisata dilingkungannya,” ujar Nanang dalam sambutannya.
Selain itu, Nanang juga berharap, kegiatan tersebut tidak hanya sebatas formalitas semata. “Percuma saja kalau kegiatan ini kemudian tidak dilanjutkan oleh masyarakat,” kata Nanang.
Pantauan tim ini, dalam kegiatan itu dilakukan penanaman 400 batang pohon vegetasi pantai yang terdiri dari mangrove, cemara udang, dan ketapang. Selain itu, Plt. Bupati juga melakukan pemasangan 20 unit tempat sampah edukasi. (/az)

Last modified: 16/09/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber