Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Cari Penyebab Banjir, Nanang Rela Masuk Gorong-gorong

01/12/2018

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di wilayahnya. Bencana itu terjadi akibat hujan deras yang turun sejak Kamis (29/11/2018) hingga Sabtu (1/12/2018).
Di wilayah Kecamatan Kalianda, Nanang meninjau Jalan Serma Tamimi, Rawa-rawa. Tak ingin dicap sebagai mini safari, Nanang memilih tak hanya sekedar kunjungan formal. Dia bergerak cepat mencari penyebab banjir.
Titik yang menjadi penyebab banjir disambanginya dan diberikan solusi jangka pendek. Mantan Kepala Desa Way Galih ini rela berpanas-panasan saat meninjau lokasi terdampak banjir yang melanda wilayahnya.
Tak hanya itu, dalam kunjungannya, Sabtu (1/12/2018), Nanang benar-benar menunjukkan niat seriusnya memerangi banjir di Lamsel. Dia rela masuk ke dalam gorong-gorong yang berada di kawasan Jalan Serma Tamimi.
Hasil kunjungan Nanang tidak sia-sia. Dia kaget melihat kondisi gorong-gorong yang dipenuhi sampah dan mengalami sendimentasi.
Dengan gegas, Nanang memerintahkan OPD terkait untuk melakukan pengerukan sedimen dan membersihkan sampah yang menyumbat gorong-gorong tersebut.
“Kita harus bekerja cepat. Bersihkan sampah-sampah yang ada di siring ini. Ini yang menghambat aliran air, hingga air tumpah ke badan jalan dan menggenangi rumah warga,” tukas Nanang.
Usai meninjau dampak banjir di Jalan Serma Tamimi, Nanang pun bergerak menuju Desa Agom yang juga terkena bencana banjir.
Kepada Kepala Desa Agom,  Nanang memerintahkan agar aparatur pemerintahan desa beserta masayarakat bergotong-royong membersihkan sampah yang menjadi penyebab utama banjir.

Selanjutnya, Nanang juga sempat mengunjungi warganya yang terkana banjir di Desa Talang Baru, Kecamatan Sidomulyo. Di wilayah itu, banjir sempat merendam pemukiman warga setinggi 2 meter.
Untuk meringankan beban masyarakat Desa Talang Baru, Nanang membagikan 58 paket sembako sesuai dengan jumlah kk yang terdampak banjir.
Adapun paket tersebut berisikan 5 kg beras, 1 kg minyak makan,  1 kg gula, 2 kg telur, 1 dus indomie.
Nanang mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang terkena musibah. Dia menitip pesan, agar masyarakat dapat lebih peduli menjaga kebersihan lingkungannya.
“Jangan dilihat nilainya, tapi ini (sembako, red) adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Saya minta ibu-ibu juga dukung bapak-bapaknya bergotong royong membersihkan pusing-puing sampah,” ujar Nanang.
Tak sampai disitu, Nanang yang didampingi para pejabat teras setempat, kembali melanjutkan perjalanan meninjau Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung yang juga terdampak banjir. (kmf)

Last modified: 01/12/2018

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber