Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Persiapan Awal Pelaksanaan Jumbara Nasional Ke-IX, Pemerintah Daerah Rapat Bersama Dengan PMI Lampung Selatan

22/11/2022

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama dengan PMI Lampung Selatan melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional ke-IX Tahun 2023.

Rapat yang berlangsung di Aula Krakatau, Setdakab Lampung Selatan, dipimpin oleh Ketua PMI Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan dimoderatori Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan Eka Riantinawati, SKM., M.Kes, pada Selasa (22/11/2022).

Seperti yang diketahui, Kegiatan Jumbara dan Temu karya Relawan ini dilaksanakan oleh PMI se-Indonesia sebanyak 1 kali dalam satu periode masa bakti kepengurusan. Rencananya, pada kegiatan Jumbara ke-IX ini akan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Berdasarkan surat dari Gubernur Lampung, PMI Pusat dan PMI Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Selatan ditunjuk sebagai lokasi Jumbara Nasional PMR ke-IX Tahun 2023 yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2023 mendatang.

Penunjukkan Kabupaten Lampung Selatan sebagai lokasi Jumbara Nasional ke-IX ini dikarenakan, Lampung Selatan memiliki lokasi yang memadai dan lahan yang luas, tempat pariwisata yang dekat dan bisa dijangkau dari lokasi Jumbara, serta terdapat dukungan fasilitas yang tersedia di lokasi.

Ketua PMI Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan, Jumbara Nasional ke-IX Tahun 2023 merupakan kegiatan berskala nasional. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang kuat antara seluruh stakeholder terkait agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik.

“Kita menyiapkan agar nanti pelaksanaan Jumbara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kita juga harus membentuk panitia dan rencana kerja, kemudian untuk pelaksanaan Jumbara ini nanti kita harus rapat langsung dengan pimpinan, dengan pak Bupati, supaya nanti keputusannya jelas,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris PMI Kabupaten Lampung Selatan Ahmad Rodhi, SKM., M.Kes menjelaskan, dalam pelaksanaan Jumbara Nasional yang nantinya akan berlangsung selama satu minggu tersebut, harus memuat kegiatan saling berbagi pengetahuan, sikap keterampilan serta menjalin persahabatan.

Kemudian, berbakti dengan menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan tersebut juga harus menumbuhkan kegembiraan sesuai dengan karakter remaja.

“Kegiatan ini mencakup upaya pengetahuan, sikap maupun keterampilan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta Jumbata setelah penyelenggaraan Jumbara nanti berakhir. Ketiga unsur, jumpa, Bakti dan Gembira harus ada didalam rangkaian kegiatan Jumbara selama satu minggu,” kata Ahmad Rodhi.

Lebih lanjut Ahmad Rodhi menyampaikan, pada unsur Jumpa nanti akan kita isi dengan Kegiatan Pos Remaja (PMR)/ Youth Station, Kewirausahaan Sosial, Jurnalistik Remaja, Remaja Tangguh, Lokakarya, International Youth Camp, Ngobrol Bareng PMR, HPI Untuk PMR.

Kemudian, pada unsur Bakti terdiri dari Bakti Masyarakat, Tukar Hasil Karya, Pameran, Mading Kontingen. Dirinya menjelaskan, pada pelaksanaan Pameran nanti juga akan disediakan Pasar kecil untuk tempat transaksi jual beli hasil karya dari masing-masing Provinsi.

Sementaa itu, pada unsur Gembira akan dilaksanakan kegiatan Olahraga Persahabatan, Pemilihan PMR, Wahana Kepalangmerahan, Pentas Seni, Ajangsana san Study Wisata.

“Pada kegiatan Remaja tangguh nanti peserta Jumbara harus memahami isu nasional dan international dan pembuatan media kampanye terkait isu Narkotika, HiV/AIDS, LGBT, inklusi disabilitas, anti kekerasan, pengurangan resiko kesehatan dan bencana,” jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Jumbara Nasional I Tahun 1978 dilaksanakan di DKI Jakarta, Jumbara Nasional II Tahun 1982 berlangsung di DKI Jakarta, Jumbara Nasional III Tahun 1988 berlangsung di Bali, Jumbara IV Tahun 1994 di Semarang, Jumbara V Tahun 2000 di DI. Yogyakarta.

Kemudian, Jumbara Nasional VI Tahun 2006 di Palembang, Jumbara Nasional VII Tahun 2011 di Gorontalo, Jumbara Nasional VIII Tahun 2016 di Sulawesi Selatan dan pada tahun 2023 mendatang pelaksanaan Jumbara Nasional IX Tahun 2023 akan berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan yang diikuti sebanyak 3.652 peserta. (ptm).

41total visits,1visits today

Last modified: 22/11/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber