Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Jusuf Kalla Buka Jumbara PMR ke-IX di Kabupaten Lampung Selatan

04/07/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat H. M. Jusuf Kalla membuka secara resmi kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke-IX tingkat nasional di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. 

Acara pembukaan Jumbara PMR ke-IX yang dipusatkan di Stadion Jati, Kalianda, Selasa 4 Juli 2023, dibuka Jusuf Kalla ditandai dengan pemukulan Cetik Pekhing, instrumen musik gamolan dari daerah Provinsi Lampung. 

Hadir juga Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua PMI Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto serta beberapa pejabat utama lainnya. 

Sebelumnya, pembukaan Jumbara diawali parade kontingen dari 34 provinsi di Indonesia serta beberapa negara sahabat. Tercatat sekitar 2.200 peserta hadir mengikuti acara pembukaan di stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan itu.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap pelaksanaan Jumbara ke-IX yang digelar di Kabupaten Lampung Selatan.

Jusuf Kalla berharap, momentum Jumbara itu bisa menjadi ajang untuk bersama-sama mengasah keberanian dan kemampuan dalam organisasi kemanusiaan PMR. 

“Jumbara yang ke-IX tahun ini, di hari-hari libur anak-anak sekolah, tentu dengan harapan anakku semua datang dengan semangat keberanian kemampuan dan juga untuk bersama-sama membahas dan belajar. Tentu bekerja untuk kemanusiaan remaja mulai dari tingkat pemula Madya dan Wira di SMP-SMA,” kata Jusuf Kalla.

 

Lebih lanjut Jusuf Kalla menyampaikan, Jumbara Nasional PMR ke-IX merupakan momen yang penting bagi para relawan PMI untuk bertemu, berbagi pengalaman, dan memperkuat jalinan persaudaraan. 

“Merupakan pengalaman yang penting, baik untuk menjaga persahabatan belajar sesama, menikmati Lampung yang indah ini, bergaul dengan teman-teman dan memulai pengalaman menuju upaya kader-kader kemanusiaan yang akan memimpin upaya kemanusiaan pada masa datang,” kata Jusuf Kalla. 

Dengan semangat yang menggelora, Jusuf Kalla mengatakan, Jumbara Nasional PMR ke-IX juga diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam memperkuat semangat gotong royong dan kepedulian sosial di Indonesia. 

“Berbakti kepada masyarakat karena itu adalah modal kita semua. Bahwa generasi muda tentu mengabdi ke masyarakat sebaik-baiknya dan juga mempererat persahabatan. Harapan saya tentunya kita menghasilkan generasi muda yang mengerti tentang upaya perdamaian kemanusiaan dan sebagainya,” ucap Jusuf Kalla. 

Diketahui, acara Jumbara Nasional PMR ke-IX akan berlangsung selama 9 hari penuh. Dimana peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang melibatkan simulasi penanganan bencana, pertolongan pertama, dan pelatihan keterampilan lainnya. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah untuk bertukar pengalaman dan memperluas jejaring relawan PMI di seluruh Indonesia. (ptm)

Last modified: 04/07/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber