Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Ketua PMI Lampung Selatan Saksikan Acara Adat Bakar Batu, Tradisi Provinsi Papua di Perkemahan Jumbara PMR ke-IX

09/07/2023

KALIANDA – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengunjungi Perkemahan Kontingen Provinsi Papua, pada Sabtu (08/07/2023).

Hadirnya Winarni dilokasi Perkemahan milik Papua adalah ajakan langsung dari Ketua PMI Provinsi Papua Zakeus Degey yang bertemu pada saat pelakaksanaan pentas seni Jumat malam lalu.

Dalam kesempatan itu, Zakeus Degey mengundang Winarni secara langsung untuk menyaksikan prosesi adat Bakar Batu yang merupakan tradisi memasak dari Provinsi Papua bagian pegunungan.

Menurut salah satu peserta yang menyiapkan prosesi bakar batu, kurang lebih sekitar 1 jam proses pemasakan sampai matang dimana didalamnya terdiri dari Ayam serta sayur mayur dan ubi ubian yang ditumpuk dan dibakar menjadi satu dengan batu panas dan dedaunan.

“Kurang lebih sekitar 1 jam sampai benar matang, didalamnya ada ayam sayuran juga ubi ubian”, ujarnya.

Turut Hadir mendampingi Winarni Sekertaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Eka Riantinawati, Ketua DWP Yani Thamrin.

Dikesempatan itu, Winarni melihat langsung proses Bakar Batu mulai dari batu yang dibakar menggunakan kayu, memasukan lauk pauk yang ditimbun dengan batu lalu dialaskan daun pisang kemudian dibungkus kembali dengan dedaunan juga batu yang sudah panas.

Winarni mengatakan ini merupakan hal pertama kali dirinya menyaksikan langsung prosesi bakar batu, dan menurutnya ini adalah tradisi yang unik yang hanya dimiliki oleh Papua.

“Saya baru pertama kali melihat prosesi bakar batu, sangat unik dan ini adalah salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki Indonesia,” kata Winarni. (*)

Last modified: 09/07/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber