Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Program Saburai TV, Ada Bunda Winarni dibalik Keberhasilan Lampung Selatan Tekan Stunting

28/09/2021

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menjadi narasumber dalam program Saburai Talks di Stasiun TV Swasta Lokal Saburai TV.

Bunda Winarni diundang dalam program Talk Show Saburai TV itu terkait prestasi Kabupaten Lampung Selatan yang berhasil menekan angka stunting dibawah target nasional.

Rencananya, program talk show itu akan tayang di Saburai TV pada tanggal 1 Oktober 2021 pada pukul 14.00 WIB.

Talk show akan membahas seputar biografi Duta Swasembada Gizi, Penanganan Kasus Stunting hingga Ketersediaan Pangan di Kabupaten Lampung Selatan. 

Hal itu terungkap pada saat proses pengambilan gambar talk show secara tapping di Sekretariat Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (28/9/2021). 

Dari pantauan, proses pengambilan gambar diawali dengan penjelasan Bunda Winarni mengenai biografinya sebagai Duta Swasembada Gizi hingga terbentuknya Sekretariat Swasembada Gizi di Kabupaten Lampung Selatan.

Dimana hal tersebut juga tidak luput dari dukungan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto serta stakeholder terkait lainnya dalam membantu mengentaskan stunting di Bumi Khagom Mufakat ini. 

“Ini semuanya hasil kerja keras bersama. Pada saat kami datang ke sini (Sekretariat) rumputnya masih tinggi-tinggi, karena sebelumnya kan memang bangunan ini tidak terpakai. Kemudian kami rombak sehingga menjadi seperti sekarang ini,” jelas Winarni kepada Sabrina, presenter Saburai TV. 

Kemudian, Sekretariat Swasembada Gizi juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Pojok Baca, Kebun Edukasi Swasembada Gizi, serta Playground. Hal tersebut, lanjut Winarni, diberikan guna memotivasi masyarakat Lampung Selatan agar mampu memanfaatkan pekarangan rumah dengan sebaik mungkin. 

“Agar anak-anak jika main ke sini bisa sambil baca. Kemudian ibunya juga bisa melihat kebun edukasi disini. Sehingga nanti dibenaknya akan timbul pemikiran, oh kalo halaman rumah saya ditanami sayur seperti ini bagus ya, asri juga kelihatannya. Disisi lain juga bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga,” ujarnya.

Setelah membahas mengenai hal tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan membahas seputar perjuangan Bunda Winarni dalam mendampingi seorang Nanang Ermanto dari titik awal hingga menjadi Bupati Lampung Selatan. 

Dimana, berdasarkan cerita dari istri orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan itu, Nanang Ermanto merupakan sosok pria yang sangat aktif dalam berorganisasi dengan jiwa kepimpinan yang sangat kuat. Disisi lain, Nanang Ermanto juga memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat sekitar. 

Hal tersebut yang membuat Bunda Winarni tidak pernah lelah dan tidak keberatan mendukung sang suami dalam mengikuti organisasi ditengah masyarakat. 

“Memang tidak bisa dipungkiri, pak bupati dari dulu aktif dalam berorganisasi, aktivis lah. Beliau itu yang saya salut ketika mengikuti organisasi memang sangat maksimal dan harus bermanfaat untuk orang banyak, itu yang saya liat niat dari pak Nanang,” ucapnya.

Tidak berhenti disitu, dalam talk show tersebut juga membahas mengenai strategi Bunda Winarni dalam menekan stunting di Kabupaten Lampung Selatan. Dimana dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah daerah dan masyarakat. 

Sinergisitas tersebut, menurut Winarni, mampu membuahkan hasil yang sangat maksimal jika diterapkan. Dimana pemerintah terus melakukan edukasi terkait stunting dan membantu dalam pemenuhan gizi masyarakat, kemudian masyarakat melaksanakan apa yang dianjurkan oleh pemerintah. 

“Semua lintas sektoral harus punya program untuk mengentaskan stunting. Ini harus dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah daerah maupun masyarakat, sehingga bukan hanya stunting yang hilang tapi masyarakat juga sejahtera,” tandasnya. (ptm)

Penulis : Putri Maisuri Lohentia

628total visits,2visits today

Last modified: 28/09/2021

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber