Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bunda Winarni Hadiri Kegiatan Gertak Kakek Di Kecamatan Jati Agung

01/09/2022

JATI AGUNG, Diskominfo Lamsel – Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto hadiri dan berikan sambutan pada kegiatan Gerakan Tanam, Konsumsi Kacang, Kelor dan Katuk (GERTAK KAKEK) bagi ibu hamil dan ibu menyusui, Kamis (1/9/2022).

Kegiatan itu dilaksanakan di Puskesmas Karang Anyar Jati Agung yang diselenggarakan oleh Center of Exellence Bidang Manajemen Laktasi Prodi D III Jurusan Kebidanan Poletkkes Tanjung Karang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan, Perwakilan Global Affair Canada (GAC), Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Lampung Selatan, Direktur Poltekkes Tanjung Karang Warjidin Alianto SKM., M.Kes, Plt Camat Jati Agung, Ketua DWP Lampung Selatan, Ketua IBI Lampung Selatan.

Ketua Panitia penyelenggara Dr. Sudarmi S.Tr., M.Kes menyampaikan, tujuan di adakannya kegiatan tersebut untuk menggerakkan pemberian Asi Ekslusif dikarenakan persentase pemberian ASI Eksklusif di Karang Anyar masih dibawah angka Nasional.

“Maka dari itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan persentase pemberian ASI Ekskluaif tersebut dengan target diatas nasional,” ungkapnya.

Sudarmi juga mengatakan, Poltekkes Tanjung Karang memiliki komitmen untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu masyarakat sadar akan pemberian asi agar bayinya terhindar dari stunting.

Direktur Poltekkes Tanjung Karang Warjidin dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah salah upaya untuk menanggulangi kasus stunting dengan memberikan gizi yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Dirinya menjelaskan di jurusan Kebidanan di Poltekkes Tanjung Karang mempunyai klinik Laktasi yang diperuntukan untuk ibu menyusui.

Perwakilan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan juga menyampaikan angka kematian ibu di Indonesia cukup Tinggi yaitu 305/100 ribu setiap kelahiran dan kami sedang berupaya untuk mengejar angka 70/100 ribu setiap kelahiran.

Menurutnya, dunia kebidanan berperan penting dalam memberikan edukasi dan asuhan kepada ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu.

Pada kesempatan itu, Winarni juga memberikan sambutan serta arahan, selaku Duta Swasembada Gizi dirinya berterimakasih kepada Poltekes Tanjung Karang yang telah membantu menggerakkan para Ibu untuk memberikan asi.

“Salah satu penyebab kematian ibu hamil adalah kurang darah, dan untuk menanggulanginya kami dengan gerakan Swasembada gizi menyerukan agar ibu hamil dan remaja diatas 12 tahun mengkonsumsi tablet tambah darah,” ungkap Winarni.

“Tidak hanya dengan Pemerintah Daerah namun program Swasembada Gizi juga bekerjasama dengan para pelaku Usaha, TNI, Polri pihak Swasta untuk menjalankan program ini bisa merata di seluruh Desa di kabupaten Lampung Selatan,” kata Winarni.

Dilakukan juga pencanangan GERTAK KAKEK tindai dengan pemukulan gong dan penerbangan balon oleh Duta Swasembada Gizi Lampung didampingi para pejabat yang hadir. (KMF).

148total visits,1visits today

Last modified: 01/09/2022

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber