Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Desa Sumur Kumbang Wakili Kecamatan Kalianda Pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten

15/02/2023

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto hadiri Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan di Kecamatan Kalianda, Rabu (15/02/2023).

Desa Sumur Kumbang dipilih untuk maju mewakili Kecamatan Kalianda untuk Lomba Desa di tingkat Kabupaten Lampung Selatan.

Armad selaku kepala Desa Sumur Kumbang mengatakan, mewakili masyarakat berterima kasih dan merasa tersanjung diberi kesempatan mewakili kalianda untuk lomba Desa tingkat kabupaten.

“Saya merasa tersanjung mewakili masyarakat berterima kasih diberi kesempatan mewakili Kecamatan kalianda untuk lomba Desa tingkat kabupaten,” ungkapnya

Berterima kasih kepada Bupati Nanang Ermanto atas dibangunnya akses jalan masuk ke Desa Sumur kumbang yang saat ini sudah bagus.

” Kami berterima kasih kepada bapak Bupati kita yang tengah membangun jalan menuju Desa Sumur Kumbang, sekarang sudah mulus dan bisa cepat dilalui masyarakat “. Ujarnya

Hadir plt. Staf Ahli bidang Pemerintahan Yanny Munawarty, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopimcam Kalianda, Para Lurah dan Kepala Desa Se Kecamatan Kalianda, Pangeran Tiang Marga, Ketua DWP Yani Thamrin.

Sementara Winarni dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Desa Sumur Kumbang mendapatkan tugas dan terpilih mewakili Kecamatan Kalianda untuk turut serta dalam Lomba Desa tingkat Kabupaten.

Sebagai ketua TP PKK Kabupaten dirinya mengatakan untuk mentuk dasawisma di Desanya sebanyak banyaknya untuk membantu Pemerintah Desa menjalankan program program Desa untuk memajukan Desa di semua bidang.

” Bu bentuk dasawisma setiap dusun sebanyak banyaknya biar program program dari Desa bisa kita sosialisasikan dintingkat kelurga “. Ungkapnya

Dirinya sangat mengapresiasi dan sangat bangga karena semua penampilan yang ditampilkan pada kegiatan tersebut semua asli milik Desa Sumur Kumbang

” Saya sangat bangga melihat semua penampilan yang ada tadi semua dari Desa Sumur Kumbang, mulai dari Pencak silat, penari dan pemain gamolannya juga paduan Suaranya “. Kata Winarni

Plt Staf Ahli Bidang Pemerintahan Yanny Munawarty yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan mengatakan dipilihnya Desa Sumur Kumbang untuk mewakili Kecamatan Kalianda tentunya sudah siap di segala aspek.

” Saya kira Desa Sumur Kumbang mewakili 29 Desa dan kelurahan sudah siap di semua aspek untuk mengikuti Lomba Desa “. Katanya

Dirinya berharap penilaian lomba Desa menjadi evaluasi perkembangan desa sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

” untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada Dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa, keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa “.ungkapnya

Dirinya juga mengatakan Semua program Desa harus dikawal, bangun kebersamaan, gotong royong yang tinggi, untuk Visi Desa Sumur Kumbang dapat tercapai.

Pelaksanaan Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap Tahunnya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi Bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Permasyarakatan.

Dalam Sambutannya juga disebutkan banyak potensi yang ada di Desa Sumur Kumbang, yang perlu dioptimalkan oleh masyarakatnya dan aparatur desa, Potensi laut dan wisata pantai harus dikembangkan lagi serta Produk lokal dan UMKM harus tingkatkan lagi.

“Sumur Kumbang ini punya tempat teropong Kota Kalianda, ini bisa lebih dikembangakan dan dimajukan lagi dan produk UMKM lokalnya masih bisa ditingkatkan lagi” Ujarnya

Kepada Tim Penilai lomba, dirinya minta kepada untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi, maka Tim harus benar-benar objektif, selektif dalam memberikan penilaiannya. Kita harus ingat, bahwa ajang lomba desa ini tentu saja puncaknya akan bermuara pada terpilih dan belum terpilihnya suatu Desa menjadi Juara.(Kmf)

Last modified: 15/02/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber