Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Produk “Kopi Pinang” Desa Karang Raya, Menarik Perhatian Pengunjung pada Acara Merbau Mataram Fair.

23/02/2023

MERBAU MATARAM, Diskominfo Lamsel – Kecamatan Merbau Mataram sukses membuka rangkaian acara Gebyar Merbau Mataram Fair 2023. Giat ini dilaksanakan mulai Kamis 23 Februari hingga 26 Februari 2023.

Event ini dilaksanakan guna meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, serta memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Merbau Mataram ke 22 tahun, yang dilaksanakan di lapangan Sepak Bola Desa Merbau Mataram.

Berbagai Produk UMKM ikut menghiasi acara Merbau Mataram Fair 2023. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan di acara tersebut antara lain kerajinan tangan, pakaian, makanan dan minuman, serta produk-produk kesehatan alami.

Salah satu UMKM yang berhasil menarik perhatian pengunjung adalah produk Kopi Pinang yang diproduksi oleh Joni (42th) warga Dusun Sukajaya, Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram.

Ia mengaku dengan adanya pameran produk UMKM kecamatan fair ini, dirinya merasa terbantu dalam mempromosikan kopi pinang miliknya.

“Alhamdulilah melalui acara ini produk kita jadi banyak yang tahu. Namun, untuk saat ini skala produksi masih sedikit dan masih dipasarkan antar desa di Kecamatan Merbau Mataram saja,” jelasnya saat ditemui pada acara pembukaan Merbau Mataram Fair, Kamis (23/2/2023).

Pada kesempatan itu, Joni juga menjelaskan proses pembuatan kopi pinang yang terbuat dari biji kopi, dan biji pinang dengan pembandingan kopi 70% dan biji pinang sekitar 30%.

“Untuk pembuatannya kopi kita campur beras sedikit dan dicampur dengan isi biji pinang yang sudah tua kemudian disangrai sampai hitam, lalu dihaluskan,” jelas Joni.

Sementara, menurut salah satu pengunjung Fitria, kopi pinang yang diproduksi oleh UMKM tersebut memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang menyegarkan.

“Rasanya manis, seger tapi masih ada rasa sedikit sepet dari pinangnya kayanya,” ucap Fitria

Selain itu, ia juga mengapresiasi upaya UMKM lokal dalam mempromosikan produk-produk lokal berkualitas di acara bazar UMKM dan promosi UKM Kecamatan Merbau Mataram Fair itu. (Hy)

Last modified: 23/02/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber