Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bunda Winarni Hadiri Acara Gerakan Literasi di Kecamatan Penengahan

31/05/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Penengahan – Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto hadiri acara Gerakan Literasi bersama Hutama Karya, Rabu (31/05/2023).

Bertempat di Balai Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan. Kegiatan itu diinisiasi oleh PT Hutama Karya Grup bekerja sama dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Motor Pustaka-Roda Andalas.

Hadir pada kesempatan itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Qory Nilwan, plt. Kepala Dinas Pendidikan Asep Jamhur, Camat beserta anggota Forkopimcam Penengahan, Kepala Unit TJSL PT. Hutama Karya Agus Kosasi Bunda Literasi Kecamatan dan Desa, Ketua DWP Lamung selatan Yani Thamrin.

Sekertaris PT HAKA Aston Aditya Nur Rahadi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan wiujud tanggung jawab Perusahaan kepada masyarakat di sekitar proyek kerja.

Seseuai dengan arahan Presiden Bumn harus aktif dalam bidang Pendidikan dan UMKM dan hari ini bentuk dari HK peduli pendidikan.

“Sesuai dengan arahan Presiden agar BUMN ini juga aktif membantu bidang pendidikan dan UMKM dan ini salah satu kepedulian dan tanggu jawab kami kepada masyarakat dibidang Literasi,” katanya

Dirinya menambahkan HK sudah bergerak membantu pendidikan mulai dari tahun 2018 dan ini giat pertama kami dalam bidang Literasi.

“Literasi ini menjadi kegiatan pertama kami di dunia pendidikan, dimana dari tahun 2018 kami sudah aktif dalam membantu dunia Pendidikan,” ujarnya

Lewat kegiatan ini PT HK mengharapkan kesadaran literasi di masyarakat dapat meningkat. Disamping itu juga pendidikan lebih maju khususnya di Lampung Selatan.

“Kami mengharapkan lewat kegiatan ini kesadaran masyarakat dalam bidang Literasi bisa meningkat demi majunya pendidikan di Lampung Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Winarni dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT Hutama Karya yang telah perduli kepada pendidikan di Lampung Selatan dengan memberikan fasilitas di bidang literasi.

Winarni menambahkan Peran dunia Usaha dan berbagai pihak tidak bisa dilepaskan dalam upaya pembangunan kabupaten Lampung Selatan diberbagai pihak, termasuk sektor Pendidikan salah satunya dukungan yang diberikan oleh hutama Karya merupakan bentuk kerjasama multi pihak dalam pembangunan.

“Peran Dunia usaha juga tidak bisa dilepaskan dari pembangunan di Lampung Selatan khususnya disektor pendidikan, dan hari ini adalah bentuk dari PT Hutama Karya dalam perannya membantu pembangunan tersebut,” kata Winarni.

Menurut Winarni, sesuai dengan arahan Bapak Bupati pemerintah daerah melakukan terobosan dan inovasi dalam rangka mengajak berbagai pihak berpartisipasi memajukan pendidikan salah satunya dunia usaha.

“Pak Bupati selalu memberikan arahan agar Pemerintah Daerah melakukan Inivasi dan terobosan dalam meningkatkan kemajuan Pendidikan termasuk mengajak Perusahaan dan para pelaku Usaha,” ujarnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman yang hadir mewakili Bupati Nanang Ermanto, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas Gerakan Literasi yang digagas oleh Hutama Karya hari ini.

Menurutnya, adanya bantuan ini patut untuk kita apresiasi, dan ini merupakan sebuah bukti nyata kepedulian Hutama Karya terhadap kebutuhan literasi membaca dan literasi digital yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya anak-anak yang berada diwilayah sekitar ruas tol JTTS wilayah Lampung Selatan.

“Saya berterima kasih atas bantuan yang diberikan, ini adalah bukti kepedulian Hutama Karya kepada bidang Literasi yang sangat dibutuhkan masyarakat dan ini patut untuk kita apresiasi,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan dan Dinas Pendidikan juga terus berupaya bagaimana agar minat baca masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Selatan dapat terus meningkat.

Dimana salah satu upaya tersebut dengan membentuk pojok-pojok literasi di setiap desa dan bersinergi dengan Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan dengan mengukuhkan Bunda Literasi Desa.

“Pemerintah Daerah lewat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dengan membentuk pojok literasi di desa, tambahnya.

Menurutnya juga ini adalah bukti keseriusan Pemerintah Daerah terhadap kemajuan pendidikan adalah dengan dicanangkannya Program Swasembada Sekolah bersama dengan Duta Swasembada Sekolah Ibu Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam upaya memastikan seluruh anak-anak di Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan hak nya untuk memperoleh pendidikan yang cukup.

Sehingga diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah yang putus sekolah. Untuk itu, dibutuhkan sinergisitas, kerjasama dan kontribusi seluruh masyarakat dan semua pihak termasuk para pelaku usaha untuk bersama-sama Pemerintah daerah memajukan dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami juga memiliki inovasi yaitu Swasembada Sekolah bersama dengan Duta Swasembada Sekolah Ibu Hj. Winarni Nanang Ermanto untuk anak anak memperoleh pendidikan yang cukup, maka dari itu dibutuhkan sinergisitas, kerjasama dan kontribusi seluruh masyarakat dan semua pihak termasuk para pelaku usah,” ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan ini akan semakin membantu masyarakat mendapatkan akses literasi dengan lebih mudah dan terjangkau sehingga masyarakat akan semakin cerdas dan tentunya minat baca masyarakatpun semakin meningkat.

Dikesempatan itu PT Hutama Karya menyerahkan 2 motor, Laptop dan juga buku buku kepada Motor Pustaka dan Roda Andalas didampingi Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan dan para pejabat yang hadir. (*)

Last modified: 31/05/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber