Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bupati Lampung Selatan Apresiasi Penengahan Fair 2023

20/07/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Penengahan – Event tahunan bertajuk Penengahan Fair 2023 resmi dibuka Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto pada Kamis, 20 Juli 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “UMKM Berevolusi (Berkreasi, Berinovasi dan Bertransformasi)” dipusatkan di Lapangan Sepak Bola, Desa Klaten, Kecamatan Penengahan.

Penengahan Fair 2023 turut dimeriahkan dengan beragam pertunjukan seni, adat dan budaya yang memukau, seperti tarian tradisional, musik lokal, dan parade adat dan budaya.

Hadir dalam acara itu, Anggota DPRD dari Dapil Lampung Selatan 3, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Sekretaris Daerah beserta para pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopicam Penengahan.

Hadir juga para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pimpinan BUMN-BUMD, para pelaku UMKM, serta para kepala desa se-Kecamatan Penengahan.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi kegiatan Penengahan Fair 2023 yang kental dengan keberagaman adat dan budaya.

Nanang mengatakan, Kecamatan Penengahan merupakan salah satu daerah yang sangat luar biasa, memiliki kebhinekaan dan peninggalan sejarah yang tidak dimiliki daerah lainnya.

“Bentuk kebersamaan dan gotong royong itulah yang akan meningkatkan kekuatan kita untuk membangun suatu desa. Itu (persatuan dan kesatuan) modal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa itu, negara ini tidak akan terbentuk,” kata Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, kegiatan Penengahan Fair juga diharapkan menjadi ajang promosi produk unggulan dari seluruh pelaku UMKM dan IKM di Kecamatan Penengahan.

Untuk itu, Nanang berharap, UMKM yang ada di Kecamatan Penengahan dapat terus bergerak, agar terjadi perputaran ekonomi, sehingga dapat membantu menyejahterakan masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah dikukuhkannya pengurus, UMKM di Kecamatan Penengahan ini terus bergerak. Apa yang ada di desa-desa di Kecamatan Penengahan ini terus digali. Itulah tugas dari pengukuhan pengurus UMKM Kecamatan Penengahan ini,” kata Nanang.

Sementara, Camat Penengahan Jaylani menyampaikan, Penengahan Fair 2023 ini merupakan kegiatan pesta rakyat yang masuk dalam calender of event Kabupaten Lampung Selatan.

Jaylani menuturkan, diselenggaraknnya kegiatan Penengahan Fair 2023 bertujuan untuk menggerakkan dan menggairahkan kembali pelaku  UMKM dan IKM sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi sekaligus sebagai ajang  promosi kearifan lokal dan sebagai ajang silaturahmi bertukar informasi para pelaku UMKM,” kata camat muda alumni Purna Praja STPDN/IPDN angkatan XVII ini.

Pada kesempatan itu, Jaylani juga mengajak, seluruh elemen masyarakat Kecamatan Penengahan untuk tetap menjaga silaturahmi dan harmonisasi sehingga tercipta suatu komitmen bersama ditengah keberagaman.

“Mengutip kuat kata-kata dari pak bupati, bahwa keadilan dan kesejahteraan tidak akan pernah tercapai tanpa persatuan, kebersamaan dan gotong royong. Maka dengan ini saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menjaga komitmen,” kata Jaylani.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Penengahan Fair 2023, Sumali mengatakan, kegiatan Penengahan Fair akan berlangsung dari tanggal 20-24 Juli 2023.

Kegiatan kata Sumali, bertujuan untuk memperkenalkan potensi yang ada disetiap desa dari kecamatan Penengahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang ada di desa-desa di Kecamatan Penengahan. Selain itu juga untuk mengenalkan berbagai budaya dan seni yang ada di wilayah Kecamatan Penengahan,” ujarnya. (Nsy)

Last modified: 20/07/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber