Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Bupati Nanang Ermanto Pinta Guru Tanamkan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Kepada Anak Didik

26/08/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meminta para guru seluruh jenjang pendidikan untuk menanamkan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan kepada seluruh pelajar di Bumi Khagom Mufakat.

Ancaman terbesar dalam negeri adalah rusaknya moral anak yang berujung pada perpecahan bangsa. Oleh karenanya, kata Nanang, Ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan dianggap penting untuk menjadi fundamen dasar dalam membentuk karakter anak bangsa.

Untuk itu, pendidikan memiliki peran penting dalam menguatkan identitas individu dalam masyarakat. Selain itu, juga mampu menentukan keberlangsungan ekonomi dan wawasan dalam bersosial.

“Kita intropeksi masing-masing, apakah saya sudah menerapkan pola pendidikan ini dengan baik dan benar menurut kurikulum pendidikan? Kenapa anak sekarang suka melawan guru dan orang tua? Inilah mengapa nilai-nilai pancasila harus ditanamkan kepada anak kita,” ungkap Nanang saat menghadiri wisuda guru penggerak angkatan ke-3 dan ke-6 Kabupaten Lampung Selatan di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati setempat, Sabtu (26/8/2023).

Orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan itu juga menyadari bahwa menjadi seorang guru di zaman sekarang ini memanglah tidak mudah. Selain harus memberikan ilmu pengetahuan terhadap anak didik, guru juga dituntut untuk menanamkan pendidikan moral yang berlandaskan nilai-nilai pancasila kepada generasi muda.

“Tantangan pendidikan luar biasa karena untuk mencetak generasi emas, generasi yang dituntut untuk meneruskan kepemimpinan republik ini setelah para pahlawan berhasil merebut kemerdekaan,” ujar Nanang.

Namun demikian, Nanang Ermanto yakin bahwa guru-guru di Kabupaten Lampung Selatan mampu dan dapat berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai pancasila, sebagai imunitas bagi anak didik agar mampu menyeleksi hal yang baik dan buruk.

“Hilangkan ego-ego pribadi, sekarang ini kita dituntut menjadi guru yang mempunyai integritas. Kita harus bersama-sama bergerak menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas,” pungkasnya. (ptm).

Last modified: 26/08/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber