Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Kalianda Fair 2023 Resmi Dibuka, Guna Optimalkan Pemberdayan UMKM dan Potensi Lokal

08/11/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda– Pelaksanaan Kalianda Fair 2023 yang berlangsung tanggal 8-10 November 2023 resmi dibuka, Rabu siang (8/11/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Raden Mas, Desa Sukaratu, Kecamatan Kalianda ini berlangsung  meriah dengan menghadirkan Stand UMKM, Stand Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Kalianda, pertunjukan seni, tarian masal Lampung Selatanku dan tarian kreasi lainnya.

Selanjutnya, pembukaan Kalianda Fair 2023 ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di dampingi oleh, Camat Kalianda, perwakilan anggota DPRD Lampung Selatan, Tokoh Adat Lampung Selatan, Kepala Perangkat Daerah beserta Forkopimda setempat.

Pada kegiatan tersebut dilakukan pula Pengukuhan pengurus komunitas UMKM periode 2023-2028.

Camat Kalianda Firma Romansyah mengatakan, terselengganya Kalianda Fair 2023 memiliki tujuan untuk memajukan perekonomian kerakyatan yang berkelanjutan agar tercapai UMKM berkualitas bersama desa dan kelurahan yang berintegritas.

“Event Kalianda Fair akan ada kegiatan perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh seluruh desa dan kelurahan baik dari lomba stan terbaik sampai dengan lomba qasidah dan lomba-lomba yang lainnya,”kata Firma.

Firma menyebut, gelaran Kalianda Fair 2023 diikuti 29 yang terdiri dari stand desa dan kelurahan, stand UPTD &  instansi, stand pihak swasta, stand UMKM dan pelaku usaha lainnya.

“Harapannya kegiatan ini dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat melalui UMKM mempromosikan kuliner tradisional dan juga memperkenalkan seni budaya yang menjadi kecintaan masyarakat Kecamatan Kalianda,”imbuhnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan pentingnya acara ini dalam mengembangkan potensi daerah, menciptakan peluang baru, serta mempromosikan kekayaan budaya dan produk unggulan Lampung Selatan khusunya Kecamatan Kalianda.

“Kalianda Fair 2023 merupakan wujud nyata dari upaya Pemerintah Kecamatan Kalianda dalam mendukung dan mempromosikan UMKM setempat, potensi daerah dan desa kelurahan yang ada.”terangnya.

Dirinya mengapresiasi akan prestasi camat dan kepala desa dengan inovasi dan kreatifitas yang dimiliki, sehingga dapat dituangkan pada acara Kecamatan Fair di wilayah kecamatan masing-masing.

“Ini menunjukkan kemauan kreativitas dan dapat melihat potensi daerah yang ada, membaca situasi kondisi serta dikembangkan dan dikenalkan lewat kecamatan fair,” kata Bupati Nanang.

Nanang menambahkan, acara ini diharapkan dapat memperkuat ikatan komunitas, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta meningkatkan kebanggaan akan kekayaan budaya dan produk unggulan Lampung Selatan. (Hy)

Last modified: 08/11/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber