Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Katibung Fair 2023 Resmi Dibuka Bupati Nanang Ermanto, Warga Sambut Dengan Penuh Antusias

08/11/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Katibung – Pelaksanaan Katibung Fair 2023 yang berlangsung di Lapangan Desa Sukajaya Komplek PPCL, Kecamatan Katibung, mendapatkan sambutan hangat dan antusias penuh dari warga setempat, pada Rabu (8/11/2023).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto ditandai dengan pelepasan balon. Saat tiba dilokasi acara, Nanang disambut meriah oleh para pelajar dan masyatakat di Kecamatan Katibung, tedapat pula persembahan tari daerah, tari kreasi, tari modern dan pertunjukan seni lainnya.

Camat Katibung Abdul Rahman dalam laporannya menyampaikan, Katibung Fair 2023 merupakan ajang pengenalan produk unggulan UMKM serta potensi-potensi desa lainnya kepada masyarakat luas.

“Banyak sekali UMKM yang tadjnya produk kecil, kerajinan rumah tangga yang masyarakat tidak tahu dan sekarang jadi tahu. Demikian juga dengan seni budaya, tadinya di Desa Babatan orang nggak tau kalau ada tari kipas sekarang jadi tahu. Kami berharap, kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun selanjutnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abdul Rahman mengungkapkan, pelaksanaan Katibung Fair 2023 akan berlangsung selama 4 hari kedepan, dan terdapat 68 stand dari Desa, UPT Dinas Pendidikan, serta UMKM yang turut memeriahkan acara tersebut.

“Jumlah stand ada 68 stand. Karena mungkin antusiasnya warga, satu desa ada yang 4 stand, rata-rata satu desa 2 stand, UMKM ada 15. Kemudian, diluar tanpa tenda ada 28 dan sekolah-sekolah juga antusiasnya banyak,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Katibung yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Katibung Fair 2023 dengan sangat baik dan meriah.

“Ini tonggak awal Kecamatan Katibung. Mudah mudahan acara yang berlangsung 4 hari ini bisa berjalan dengan baik dan sukses untuk kita semua. Bapak ibu sekalian saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran sehingga pelaksanaan Katibung Fair bisa berjalan dengan baik,” kata Nanang.

Nanang menjelaskan, Kecamatan Fair merupakan bentuk strategi dari pemerintah daerah untuk membangkitkan perekonomian masyarakat dan desa melalui promosi produk UMKM setempat.

“Kita kemas dari 17 Kecamatan yang terdiri dari 256 Desa dan 4 Kelurahan di Lampung Selatan Expo. Kita sebagai pemimpin dengan adanya event ini, kita harus melihat dan membina setiap desa, kita tumbuhkan ekonomi dengen menggeliatkan UMKM,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut turut dilaksanakan juga pengukuhan pengurus Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Katibung oleh Camat Katibung Abdurrahman dan disaksikan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Kemudian, usai membuka acara Nanang Ermanto juga berkeliling stand untuk melihat potensi masing-masing Desa. Salah satu potensinya yaitu, kerajinan batu cincin sunkis cempaka madu yang merupakan produk asli dari pengrajin di kecamatan katibung.

Pada kesempatan itu, Nanang berkesempatan menerima batu cincin sunkis cempaka madu sebagai bentuk kenang-kenangan dari Suyatno, pengrajin batu cincin dan bingkai di Kecamatan Katibung. (ptm)

Last modified: 08/11/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber