Portal Informasi Pemkab Lampung Selatan

instagram takipçi al

Dinas Kominfo Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Tata Kelola SPBE

07/12/2023

DISKOMINFO LAMSEL, Kalianda – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan kegiatan Sosialisasi Tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Aula Rajabasa, Kantor Bupati setempat, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Achmad Herry, S.E., M.M., menghadirkan Tim Asesor Indeks SPBE, Prof. Dr. Ir. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis., IPU, Asean.Eng selaku narasumber.

Sementara itu, peserta terdiri dari admin dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemkab Lampung Selatan sebanyak 80 orang.

Kepala Bidang SPBE Diskominfo Lampung Selatan sekaligus Ketua Pelaksana, Delfarizy menyampaikan, sosialisi tersebut bertujuan perwujudan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan, inovatif dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Kemudian, terwujudnya pelayanan yang prima, berkualitas, terpercaya, terukur dan terarah berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan dukungan aparatur yang berintegritas bersih dan cerdas.

Selanjutnya, terbangunnya infrastruktur jaringan intra pemerintahan dan akses internet yang handal untuk mendukung layanan SPBE di seluruh organisasi atau instansi pemerintahan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dengan pengelolaan data dan informasi yang berkualitas dengan prinsip satu data dan berbagai data melalui pengelolaan data yang terpusat (data center), penerapan sistem penghubung layanan dan interoperabilitas yang handal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Lampung Selatan Anasrullah, S.Sos., M.M. menyampaikan, SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Anas menyampaikan, pada tahun 2022 indeks SPBE Diskominfo Lampung Selatan berada di angka 1,7 dengan predikat kurang. Sementara, pada tahun 2023 Indeks SPBE berhasil naik pada angka 3,33 dengan predikat baik.

“Sisem Pemerintahan Berbasis Elektronik sudah tuntutan pekerjaan kita di Lampung Selatan ini. Mau tidak mau, suka tidak suka harus kita laksanakan karena jujur Lampung Selatan jauh masih dari harapan. Ada 8 aspek dan 47 indikator yang harus diisi,” ungkapnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Setdskab Lampung Selatan, Achmad Herry, S.E., M.M., menyampaikan SPBE merupakan salah satu perwujudan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dengan adanya SPBE, Achmad Herry berharap, dapat mendukung suksesnya visi dan misi pemerintah daerah, yaitu terwujudnya masyarakat Lampung Selatan yang berintegritas, maju dan sejahtera dengan semangat gotong royong.

“Penggunaan dan penerapan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan, dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik,” kata Achmad Herry. (ptm)

Last modified: 07/12/2023

Comments are closed.

instagram takipçi al Alanya haber